suarasurabaya.net

Soekarwo Menyarankan Para Bupati Menyetop Bantuan Penggemukan Sapi
Laporan Agung Hari Baskoro | Rabu, 28 November 2018 | 23:01 WIB

Ilustrasi. Foto: penggemukansapi.com.
suarasurabaya.net| Bantuan bersifat konsumtif kepada Petani/Peternak dianggap tidak mendidik dalam pengelolaan ekonomi. Soekarwo Gubernur Jawa Timur menilai, pemerintah harusnya segera menghentikan pemberian bantuan yang bersifat komsumtif.

Ia mencontohkan, bantuan dana penggembukan sapi adalah program bantuan yang bersifat konsumtif. Pemerintah termasuk bupati dan walikota di Jawa Timur harus memberi bantuan yang bersifat produktif.

"Para bupati setop beri bantuan penggemukan sapi karena nanti hanya akan berhenti menjadi daging konsumsi," kata Soekarwo ketika menjadi pemateri pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur di Surabaya pada Rabu (28/11/2018).

Soekarwo menilai pemberian bantuan bersifat produktif harus diutamakan. Skema Loan Agreement oleh pemerintah yang menggunakan dana APBN/APBD bisa digunakan dan dikelola menjadi kredit bunga murah. Menurutnya, uang ABPN tidak perlu hilang tiap tahun menggunakan skema tersebut.

Terkait skema tersebut, sektor pertanian/peternakan diprediksi akan sulit mengakses kredit perbankan karena ketidakpastian jaminan. Namun Soekarwo yakin, pemerintah harus mengambil instrumen tersebut agar UMKM terutama sektor pertanian/peternakan dapat tersentuh kredit modal.

"Loan agreement tersebut merupakan bagian dari cara Jatim dalam memperkuat diri sebagai produsen dan bukan sebagai target pasar," katanya. (bas/bid)
top