suarasurabaya.net

  •  
  • Kembali  SS Today
  • Revitalisasi Kota Tua Surabaya Utara

Revitalisasi Pasar Tunjungan Tunggu Penyertaan Modal Pemkot
Laporan Zumrotul Abidin | Kamis, 03 Januari 2019 | 18:07 WIB

suarasurabaya.net| Zandi Ferryansa Direktur Teknik dan Usaha Perusahaan Daerah Pasar Surya (PDPS) Surabaya mengatakan, memang sudah pernah dilakukan pembahasan rencana revitalisasi Pasar Tunjungan.

Dalam konsepnya, Pasar Tunjungan akan direvitalisasi total dijadikan pusat perdagangan dan kegiatan masyarakat di tengah kota seperti sentra UKM, pertokoan dan perkantoran.


Kondisi di dalam Pasar Tunjungan, Kamis (3/1/2019). Foto: Abidin suarasurabaya.net

"Dengan revitalisasi itu diharapkan Pasar Tunjungan mampu mengakomodir pedagang dan keinginan masyarakat Surabaya. Namun memang masih terus dikaji," ujarnya dalam rilis yang diterima suarasurabaya.net, Kamis (3/1/2019).

Menurut Ferry, belum terealisasinya rencana revitalisasi ini bagian dari bentuk kehati-hatian Pemkot Surabaya dalam memberikan penyertaan modal kepada PD Pasar Surya yang kondisi keuangannya belum sehat.

Belajar dari pengalaman tahun 2015 dan 2016 saat Pemkot Surabaya memberikan penyertaan modal Rp20 Miliar kepada PDPS untuk biaya revitalisasi Pasar Kembang, Pasar Pucang, Pasar Tembok Dukuh, dan Pasar Keputran Utara, yang ternyata belakangan PDPS terkena masalah perpajakan.

Dalam masalah itu, rekening PDPS diblokir total pada tahun 2017. "Sehingga Pemkot Surabaya lebih hati-hati untuk melakukan penyertaan modal," katanya.

Kenapa revitalisasi harus nunggu penyertaan modal dari Pemkot? Ferry mengatakan, PD Pasar Surya tidak mampu mendanai revitalisasi itu. Sebab, estimasi biaya revitalisasi Pasar Tunjungan membutuhkan dana hingga Rp100 miliar.

"Revitalisasi itu bisa dilakukan dengan dua opsi. Pertama, jika kondisi keuangan PD Pasar Surya sudah baik, Pemkot Surabaya baru akan memberikan penyertaan modal. Kedua, Pemkot Surabaya terlebih dulu akan mengambil alih aset Pasar Tunjungan, setelah revitalisasi selesai, kemudian akan diserahkan ke PD Pasar Surya lagi," katanya. (bid/den/rst)

SS TODAY LAINNYA

top