suarasurabaya.net

Kisah Pengguna PS4 yang Diblokir Gara-Gara Username Dianggap SARA
Laporan Denza Perdana | Minggu, 25 November 2018 | 18:43 WIB

Ilustrasi logo PSN bagi pengguna yang di-banned. Foto: pcworld.com
suarasurabaya.net| Seorang pengguna PlayStation 4 bernama Enrique, warga Meksiko, kebingungan ketika tidak bisa mengakses game di PlayStation Network (PSN) seperti biasanya. Dia makin terkejut karena baru-baru ini menerima email yang menyatakan, secara permanen dia dilarang mengakses PSN.

Padahal, sebagaimana dilaporkan Digital Trends, dikutip Antara, Minggu (25/11/2018), dia sudah beralih bermain game PlayStation 4 selama setahun lebih. Selama itu, tidak sedikit uang yang dia habiskan untuk berbelanja game dan konten lain di PSN.

Enrique pun berupaya mencari bantuan lewat PlayStation 4 sub-Reddit. Tim dukungan resmi Sony, pemilik PS 4, akhirnya menjelaskan kepadanya bahwa penyebab semua itu adalah nama PSN ID-nya atau username yang dia gunakan mengandung ungkapan "ofensif" yang menyinggung dan dianggap SARA.

ID PSN "ofensif" yang dimaksud oleh Tim dukungan resmi Sony adalah adalah Kike_0615. Enrique menjelaskan, "Kike" dia gunakan karena merupakan nama panggilan dirinya untuk nama aslinya Enrique, yang mana nama panggilan pendek seperti ini dikenal umum di negara asalnya di Meksiko.

Ternyata, setelah meneliti lebih jauh, dia mendapati bahwa nama itu juga digunakan sebagai cercaan etnis untuk orang Yahudi.

Enrique berusaha untuk memulihkan akun PSN-nya, tetapi dia ditolak beberapa kali. Dia tidak ingin username-nya dikembalikan karena dapat disalahartikan, tetapi ia hanya ingin bisa mengakses dan bermain game lagi.

Setelah Enrique menerima dukungan dari gamer lain dan kesulitannya mulai viral, Sony akhirnya mengubah keputusannya. Dia menerima panggilan dari manajer tim dukungan yang mengakui kesalahan itu dan memberi tahu dia bahwa akunnya diaktifkan kembali sepenuhnya dan ID PSN-nya dipulihkan.

Setelah semua yang dia lalui, Enrique masih mempertahankan sikap positif, mengungkapkan rasa terima kasih kepada semua orang yang membantunya dengan cobaan beratnya dan mengungkapkan rencananya untuk segera mengubah PSN ID-nya.(ant/den)
top