suarasurabaya.net

Ceria Warna Nusantara Kenalkan Anak-anak Nusantara yang Berwarna
Laporan J. Totok Sumarno | Sabtu, 12 Agustus 2017 | 20:29 WIB

Anak-anak mewarnai mengenal ikon Nusnatara yang memang berwarna-warni. Foto: Totok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Lomba mewarnai tingkat nasional bertajuk Ceria Warna Nusantara, Sabtu (12/8/2017) digelar di Mall Maspion Square Surabaya, diikuti ratusan anak-anak dan mengajak mereka mengenal berbagai warna sekaligus mengenali ikon Nusantara yang juga berwarna-warni.

"Tema ini bentuk kepedulian kami terhadap budaya Indonesia yang kaya dengan warna seperti warna Pascola. Dengan lomba mewarnai ini kami ingin mengenalkan budaya, ikon Nusantara yang berbeda-beda dan berwarna-warni," terang Niken D. Mahanani, Marketing Manager PT Standardpen Industries.

Niken menambahkan, mewarnai merupakan pendidikan dasar bagi anak dalam menambah wawasan sekaligus mengasah motorik anak untuk lebih kreatif.

"Tujuan dari lomba ini agar anak-anak lebih kreatif lagi dalam berkarya, apalagi yang diwarnai adalah simbol-simbol budaya Indonesia," kata Niken.

Peserta mewarnai simbol-simbol atau ikon yang ada di tiga provinsi di Indonesia yaitu: Sumatera, Bali, dan Jawa. Anak-anak Medan, Makassar dan Balikpapan berkesempatan mewarnai ikon dari Sumatera yaitu rumah adat Minangkabau dan pakaian adat Minang.

Di Semarang, anak-anak mewarnai Borobudur dan Yogyakarta sebagai bagian mewarnai dari kelompok provinsi Jawa. Dan untuk anak-anak di Surabaya dan Jakarta berkesempatan mewarnai beberapa ikon adat Bali.

"Kami ingin anak-anak Indonesia mengenal budaya daerah-daerah lainnya juga lebih memahami budaya dan adatnya sendiri. Setidaknya dengan hal sederhana ini bisa menumbuhkan rasa cinta anak-anak pada budaya Indonesia," jelas Niken.

Ceria Warna Nusantara digelar sepanjang bulan April - Agustus di 16 kota dari 13 Provinsi, yakni Semarang, Malang, Bali, Tasikmalaya, Surabaya, Jakarta, Cilegon, Yogyakarta, Bandung, Lampung, Medan, Bukittinggi, Balikpapan, Samarinda, Makassar, dan Batam.(tok)
top