suarasurabaya.net

Risma: Ruang Kontrol Command Center di Polrestabes akan Mempercepat Gerakan Polisi
Laporan Denza Perdana | Kamis, 12 Oktober 2017 | 17:43 WIB

Kombes Pol Mohammad Iqbal Kapolrestabes Surabaya mengajak Risma dan Danrem memantau traffic melalui monitor yang terintegrasi command center. Foto: Denza suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Pada kesempatan usai deklarasi damai Bonek dengan PSHT di Mapolrestabes Surabaya, Kamis (12/10/2017), Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya sempat meninjau ruang kontrol Command Center Polrestabes Surabaya yang telah dioperasikan.

Di Bangunan bekas SPKT Polrestabes itu, beberapa petugas kepolisian tengah memantau situasi lalu lintas yang terpantau kamera CCTV, dari puluhan monitor besar yang terjajar rapi di ruangan itu.

Tata letak ruang command center Polrestabes Surabaya ini tidak jauh berbeda dengan Command Center yang ada di Gedung Siola, Jalan Tunjungan.

Kombes Pol Mohammad Iqbal Kapolrestabes Surabaya mengajak Risma memantau traffic dari monitor itu, termasuk menunjukkan sistem di ruangan itu kepada Kolonel M Zulkifli Danrem 084 Bhaskara Jaya.

Andi Peci Koordinator Bonek Persebaya dan HM Rosadin juga turut mengikuti tur singkat ke ruangan Command Center Polrestabes Surabaya itu.

"Kalau Polrestabes punya seperti ini gerakannya akan cepat sekali. Saya terus terang senang, Pak Iqbal care dengan hal seperti ini. Karena sudah enggak mungkin kita mau ngandalkan jumlah petugas lapangan terus," ujarnya.

Risma pun mengaku, dirinya sebagai wali kota juga sudah tidak mungkin mengandalkan petugas Dinas Perhubungan agar selalu stand by di lapangan untuk mengontrol lalu lintas di Surabaya.

"Mau berapa orang? Banyak jalan baru, banyak junction baru, kenaikan traffic besar. Jadi memang enggak bisa hanya mengandalkan petugas, harus pakai alat," katanya.

Risma mengatakan, dia masih bermimpi, suatu saat jaringan fiber optic yang dimiliki Pemkot Surabaya bisa terus dilebarkan hingga ke Polsek-Polsek di Surabaya.

"Kalau (terkoneksi) pakai internet, mahal sekali. Kalau FO kita nanti sudah sampai ke tingkat Polsek, kejahatan itu akan sangat mudah terdeteksi," ujarnya.(den/rst)
top