suarasurabaya.net

Sidak di Pintu Air, Risma Perintahkan Dinas PU Mengantisipasi Banjir Rob
Laporan Zumrotul Abidin | Rabu, 13 Desember 2017 | 19:17 WIB

Tri Rismaharini Walikota Surabaya melakukan sidak di beberapa pintu air dan rumah pompa yang terhubung langsung dengan laut. Foto: Abidin suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Tri Rismaharini Walikota Surabaya melakukan sidak di beberapa pintu air dan rumah pompa yang terhubung langsung dengan laut. Sidak dilakukan di rumah pompa Bozem Morokrembangan dan Tambak Wedi, Rabu (13/12/2017) sore.

Di dua lokasi pintu air tersebut, Risma memerintahkan Dinas PU Binamarga untuk meninggikan plat pintu air untuk antisipasi banjir rob. Sebab, saat air laut pasang sedang tinggi-tingginya, penutup pintu air tidak maksimal menghadang banjir rob.

Dalam minggu-minggu ini, Risma mengatakan, perbaikan pompa dan pintu air terus dilakukan untuk mengantisipasi puncak musim hujan pada Januari 2018.

"Kemarin saat bulan purnama air pasang tinggi sekali. Kebetulan saya keluar dan melihat di pintu air ini (Tambak Wedi, red) peres air lautnya. Saya minta Dinas PU meninggikan platnya. Karena, tidak ada gunanya kalau memompa, sedangkan air laut tetap bisa melompat masuk," ujarnya di pintu air Tambak Wedi.

Risma mengatakan, untuk mengantisipasi banjir rob salah satunya dengan memperbaiki pompa dan pintu air. Sebab, rata-rata pintu air yang berdekatan dengan laut itu bangunan lama warisan Belanda, jadi Pemkot mengganti semua bangunan lama itu.

"Mengantisipasi dengan memasang pompa baru dan memperbaiki pintu air yang di beberapa titik yang berhubungan langsung dengan laut. Untuk sedimen kami rutin melakukan pengerukan, hampir semua sungai dikeruk sedimennya," katanya.

Selain itu, kata Risma, Pemkot terus membenahi drainase di beberapa titik yang didesain menjadi dua saluran. Satu saluran untuk membuang air hujan, satu saluran lagi untuk membuang air limbah rumah tangga. Hal ini sudah terealisasi di beberapa titik drainase yaitu di Mayar, Kertajaya Indah dan kawasan Balai Kota.

"Drainase ini fungsinya untuk memperlambat menumpuknya sedimentasi. Sebab, limbah rumah tangga bisa dikelola dulu sebelum dibuang ke sungai," katanya.

Untuk mengatasi banjir rob di Surabaya Utara, Pemkot terus mengerjakan tanggul laut di kawasan Kalianak.

"Tanggul laut tetap dilanjut mudah-mudahan akhir tahun selesai," katanya. (bid/dwi/ipg)

B E R I T A    T E R K A I T
  • Surabaya Diguyur Hujan Deras, Banjir Genangi Sejumlah Titik
  • top