suarasurabaya.net

Siap Pecahkan Rekor, Anak 12 Tahun Asal Kendal Bermain Piano dengan Mata Ditutup
Laporan Muchlis Fadjarudin | Senin, 16 April 2018 | 13:45 WIB

Ananda Jefri Setiawan diundang Duta Besar Berlin untuk memainkan Piano dengan mata tertutup pada bulan Juni 2018 nanti. Foto: Faiz suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Ananda Jefri Setiawan anak umur 12 tahun asal Kendal, Jawa Tengah siap memecahkan rekor dunia bermain piano dengan mata tertutup.

Jefri mengaku diundang Duta Besar Berlin untuk memainkan Piano dengan mata tertutup pada bulan Juni 2018 nanti.

Jefri mengatakan hal itu saat datang ke gedung DPR RI dengan harapan agar Ketua DPR bisa memfasilitasi undangan Dubes Berlin tersebut.

"Jefri belajar sungguh-sungguh untuk mencapai hasil akhir, ternyata mendapat undangan dari Duta besar Berlin. Ananda Jefri kepengennya ketua DPR RI bisa memfasilitasi Ananda Jefri," ujar Jefri di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (16/4/2018).

Dia mengaku pertama kali belajar piano aat usia 6 tahun secara otodidak, dan belum pernah sekolah musik. Awal belajar piano, Jefri tidak melihat tut piano. Membaca partitur pun juga sambil jalan. Dari proses belajarnya itu, Jefri mendapat beasiswa dari Peter Purnomo untuk belajar musik di Jerman.

"Alhamdulillah diberi beasiswa dari Peter Purnomo musik," kata Jefri.

Tahun 2016 lalu, Jefri mulai menutup matanya bermain piano dan diundang oleh dubes Malaysia. Saat itu bermain di Taman Tasik pada acara pesta rakyat.

Kemudian pada 2017 memecahkan rekor dunia yaitu Record Holder Republic (RHR) di Singapura, bersamaan dengan acara diplomatik antara Indonesia-Singapura. Saat itu, Jefri membawakan 70 lagu secara non stop (terus menerus) selama 3 jam.

"Kemudian 2017 memecahkan rekor 70 lagu bermain piano selama tiga jam nonstop," jelasnya.

Menurut Jefri, di Berlin nanti, dia akan membawakan 120 lagu non stop dengan Genre Klasik, Pop dan Jazz. Jefri berharap kalau ke depan nanti bisa memecahkan rekor dunia.

Dia mengaku sudah siap ke Berlin, dan tinggal mempersiapkan fisiknya saja.

"Di Berlin akan membawakan 120 lagu. Genre nya Pop, Klasik dan Jazz. Tinggal persiapan fisik.Pengen 2019 bisa memecahkan rekor dunia (Guiness Book Wolrd Record, red) atas pertimbangan tampil di Berlin tutup mata 120 lagu," tegas Jefri.

Sementara Joko Manis (39) Ayah dari Jefri yang mendampingi anaknya ke DPR ini mengaku kalau Kemenpora sudah mendorong ke Kemendikbud, tetapi belum ada petunjuk selanjutnya.

"Kemenlu, Kemenpora sudah mendorong ke Kemendikbud untuk membantu Jefri namun sampai saat ini belum ada petunjuk.

Joko berharap di DPR. Mereka bisa dibantu, karena sejauh ini masih berjuang sendiri.

"Diharapkan wakil ketua DPR bisa membantu. Sejauh ini masih berjuang sendiri," kata Joko yang sehari-harinya jualan air galon isi ulang.

Joko mengatakan kalau Jefri anaknya selama ini belajar di rumah hanya memakai keyboard. Tetapi kemudian mendapat hadiah dari Muhadjir Effendy Mendikbud piano digital pada Juni 2017 lalu.

Sekadar diketahui, di DPR ini, Jefri dan ayahnya ditemui Utut Adianto wakil ketua DPR RI. (faz/tna/bid)

top