suarasurabaya.net

UK Petra Terima Penghargaan Program Asuh PT Unggul 2018
Laporan J. Totok Sumarno | Kamis, 06 Desember 2018 | 17:09 WIB

Saat sharing best practice di sela-sela pemberian apresiasi untuk UK Petra Surabaya. Foto: Humas UK Petra Surabaya
suarasurabaya.net| Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Dirjen Belmawa Kemenristekdikti) memberikan apresiasi pada Universitas Kristen Petra (UK Petra) Surabaya, atas apresiasi program asuh Perguruan Tinggi (PT) Unggul 2018.

Pemberian apresiasi oleh Dirjen Belmawa Kemenristekdikti kepada UK Petra Surabaya ini, berlangsung Rabu (5/12/2018) di Jakarta dan diberikan langsung kepada Agus Arianto Toly, S.E., Ak., M.S.A., Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan UK Petra, mewakili UK Petra Surabaya.

"Puji Tuhan, berita bahagia bagi kampus UK Petra. Ini artinya budaya mutu yang sudah dikembangkan oleh UK Petra selama ini mendapatkan apresiasi dari Dirjen Belmawa Kemenristekdikti," terang Agus Arianto Toly.

Dari 29 Perguruan Tinggi (PT) yang mengikuti program asuh PT Unggul 2018 ini, hanya lima PT yang menerima apresiasi. Diantaranya Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, Universitas Kristen Petra (UK Petra) Surabaya, Universitas Brawijaya, Malang, Universitas Mercu Buana, Jakarta dan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Tidak hanya menerima apresiasi saja, Agus Arianto Toly, S.E., Ak., M.S.A., yang ditemani Dr. Dra. Gan Shu San, M.Sc., Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UK Petra, pada kesempatan itu juga diminta sharing best practices.

"Kami berbagi pengalaman dan praktik, selama pelaksanaan program asuh, serta testimoni apa manfaatnya saat UK Petra menjadi PT Asuh dan apa yang bisa UK Petra dapatkan dari hasil belajar bersama ini," papar Shu San.

Sebagai informasi, UK Petra sudah dua kali (sejak tahun 2017) mengikuti program dari Direktorat Penjaminan Mutu, Dirjen Belmawa Kemenristekdikti.

Untuk mengikuti program tahunan ini, Dirjen Belmawa Kemenristekdikti memberikan persyaratan yaitu haruslah PT dengan Akreditasi Institusi A dan mengirimkan proposal terlebih dahulu untuk direview.

Tidak hanya itu, minimal satu PT yang diasuh haruslah universitas yang ada di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) serta PT yang diasuh haruslah memiliki minimal 20 Program Studi dengan akreditasi C.

UK Petra menerima bantuan program Asuh PT Unggul ini senilai Rp 310.000.000 dan ditambah dana pendamping dari UK Petra.

Tahun 2018, UK Petra mengasuh Universitas Kristen Wira Wacana (Unkriswina) Sumba Timur, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum, (Unipdu) Jombang dan Institut Teknologi Del (IT Del) Toba Samosir.

Shu San menambahkan, UK Petra tahun depan akan kembali mengikuti program ini. "Tahun depan kami akan ikut lagi. Sebab program ini selaras dengan visi UK Petra yaitu menjadi universitas yang peduli. Itu artinya program pemerintah dapat mendukung pencapaian visi UK Petra," pungkas Shu San, Kamis (6/12/2018).(tok/rst)

top