suarasurabaya.net

Mengenal Jembatan Kalikuto, Si Merah nan Kokoh yang Jadi Spot Ikonik Tol Trans Jawa
Laporan Agung Hari Baskoro | Jumat, 07 Desember 2018 | 18:04 WIB

Proses peninjauan langsung Jembatan Kalikuto pada Jumat (7/12/2018). Foto: Baskoro suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Warnanya merah dan terlihat kokoh menghubungkan dua kabupaten, Batang dan Kendal. Di pinggirnya, ada pemandangan hijau sawah yang luas sekali. Ada sungai yang airnya masih mengalir deras di bawahnya. Indah secara visual dan kuat secara konstruksi. Itulah Jembatan Kalikuto. Jembatan yang berada di Jalan Tol Batang-Semarang, Jawa Tengah ini layak disebut spot ikonik dari jaringan Tol Trans Jawa.

Desi Arryani Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) mengumbar kebanggaannya tentang Jembatan ini tepat di bawah kalikuto yang kokoh pada Jumat (7/12/2018).

"Saya rasa ini bagus. Tujuannya jadi ikonnya Tol Trans Jawa. Menurut saya ini berhasil," kata Desi diamini oleh pejabat-pejabat dari instansi berkaitan yang turut meninjau langsung jembatan itu pada Jumat (7/12/2018).


Jembatan Kalikuto yang berada di Jalan Tol Batang-Semarang, Jawa Tengah. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Desi menyebut, jembatan ini memiliki struktur spesial. Terbuat dari rangka baja, tiga dimensi, dan metode pelaksanaanya juga spesial disusun satu per satu.

"Utuh terbangun dan siap beroperasi seiring progres pembangunan fisik ruas Tol Batang-Semarang yang sudah mencapai 99,9 persen," kata Desi.

Jembatan megah ini pun sudah lolos uji beban pada 8-9 November lalu, dan masih menjalani pleno uji laik operasi.

Jembatan Kalikuto dirancang sepanjang 164 meter, berbobot 2.400 ton dan memiliki bentang utama 100 meter serta jalan pendekat di sebelah barat dan timur masing-masing 32 meter.

Jembatan Kalikuto tak hanya menarik ketika sudah kokoh berdiri, proses pembangunannya pun patut ditengok. Jembatan yang menggunakan material baja ini dirakit di tiga tempat berbeda, yaitu di Pasuruan, Tangerang, dan Serang. Materialnya sebagian dibuat di Perancis, tapi perakitnya tetap orang Indonesia. Dan yang paling menarik, Kalikuto jadi jembatan pertama di Indonesia, yang strukturnya dirakit di lokasi pemasangan.

Sudah membayangkan bagaimana indah dan kokohnya jembatan ini? Tidak perlu dibayangkan, karena akhir tahun ini anda sudah bisa melintas dan menikmati sendiri keindahan Jembatan Kalikuto ini. (bas/dim/ipg)

B E R I T A    T E R K A I T
  • Bakal Tol Terpanjang di Indonesia Kemungkinan Alami Perubahan Trase
  • Ditjen Hubungan Darat akan Perketat Regulasi Berkendara di Jalan Tol
  • Dengan Tol Trans Jawa, Dulu Macet Sekarang Harus Jadi Nyaman dan Lancar
  • Tiga Hotel Akan Hiasi Pinggiran Jalan Tol Trans Jawa
  • top