suarasurabaya.net

Jokowi Presiden Ikut Cukur Rambut Massal di Garut
Laporan Farid Kusuma | Sabtu, 19 Januari 2019 | 11:42 WIB

Joko Widodo Presiden ikut cukur rambut dalam acara cukur rambut massal, di sela kunjungan kerja di wilayah Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1/2019). Foto: Biro Pers Setpres
suarasurabaya.net| Dalam rangkaian kunjungan kerjanya di derah Garut, Jawa Barat, Sabtu (18/1/2019), Joko Widodo Presiden RI menghadiri acara cukur massal di kawasan Area Wisata Situ Bagendit, Kabupaten Garut.

Kedatangan Presiden bukan sebatas menyaksikan acara cukur massal, tapi ikut sebagai peserta yang dicukur rambutnya.

Disaksikan Ibu Iriana, Jokowi tampak menikmati pelayanan Herman, tukang cukur asal Garut.

Tradisi pangkas rambut berjalan turun-temurun sejak puluhan tahun lalu di empat atau lima kampung di Garut. Di antaranya Kampung Banyuresmi. Sejak remaja, pria Garut belajar memangkas rambut dari para seniornya.

Ada Desa Banyuresmi, Wanaraja, dan desa atau kampung lain yang warganya kebanyakan jadi pencukur rambut. Keahlian ini memudahkan mereka untuk belajar dan mendapatkan akses bekerja di berbagai daerah bahkan hingga di luar pulau.

Benang merah dari kisah mereka adalah, pencukur rambut yang berasal dari Garut, biasanya bekerja dengan 'apik' dan rapi. Mereka juga senang melayani pelanggannya dengan membuka obrolan ringan yang dekat dengan keseharian masyarakat.

Dengan kehadiran di acara cukur massal, Jokowi mendorong pengembangan tradisi lokal, sekaligus pertumbuhan wirausaha dan ekonomi kecil dari kelas kampung hingga nasional, bahkan mendunia. (rid/tin/ipg)
top