suarasurabaya.net

Relawan Jokowi Bersatu Gelar Rakernas
Laporan Muchlis Fadjarudin | Jumat, 14 September 2018 | 19:18 WIB

Mukhamad Misbakhun Dewan Pembina RJ saat membuka Rakernas RJB di kawasan Matraman Jakarta Timur, Jumat (14/9/2018). Foto: Faiz suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Organ Relawan Jokowi Bersatu (RJB) secara resmi dideklarasikan pada tanggal 10 Maret 2018, di Gedung Joeang Menteng, yang merupakan fusi dari 69 organ relawan yang mendukung Joko Widodo (Jokowi) sebagai Presiden RI yang kali kedua pada Pilpres 2019.

Silvia Devi Soembarto Ketua Umum RJB, yang berasal dari Organ Penggerak Militan Jokowi (PM Jokowi), mengaku akan bergerak mengembangkan jaringan RJB ke seluruh Indonesia, serta menjadikan RJB sebagai organ relawan yang TSM (Terstruktur, Sistematis, dan Masif).

Sampai saat ini sudah terbentuk kepengurusan RJB di 21 Perwakilan tingkat provinsi, dan 174 tingkat Kabupaten dan Kota di Seluruh Indonesia. Bahkan dari Luar Negeri pun sudah terbentuk RJB Korea Selatan.

"Ke depan, kami menargetkan dalam waktu dekat akan terbentuk Perwakilan RJB di 34 Provinsi dan 300 RJB tingkat Kabupaten dan Kota," ujar Silvia di Rakernas RJB di kawasan Matraman Jakarta Timur, Jumat (14/9/2018).

RJB secara resmi sudah terdaftar sebagai Relawan pada Direktorat Relawan TKN dengan nomor registrasi: 121/JKW-MA/VIII/2018.

Dalam rangka konsolidasi organisasi menjelang hajatan Pilpres 2019, RJB mengadakan Rakernas I di Jakarta, diikuti Perwakilan RJB seluruh Indonesia, sebanyak 500 peserta. Acara dibuka oleh Mukhamad Misbakhun sebagai Dewan Pembina RJB.

Dalam sambutannya Misbakhun menyampaikan program-program ketakyatan Jokowi dalam RAPBN 2019, dimana lingkaran setan kemiskinan tentang orang miskin melahirkan orang miskin baru, dikarenakan akses pendidikan, sarana kesehatan buruk, harus dikurangi dengan salah satu program pemerintah untuk menaikkan taraf hidup rakyat.

"Subsidi yang mubazir dihapus untuk di alokasikan membangun Indonesia jauh lebih baik," kata dia.

Menurut Misbakhun, data yang dipakai "emak-emak" tentang kenaikan harga, sangat tidak berdasar. Karena TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah), utang negara adalah sebuah keniscayaan dan pilihan negara tersulit, agar bisa digunakan untuk hal produktif, membangun infrastruktur bandara, jalan, bendungan. Sehingga infrastruktur hadir, roda ekonomi akan berkembang

Misbakhun menjelaskan, yang bisa menyelesaikan infrastruktur kusut adalah Jokowi dengan program kerja cepat

Hadir di Pembukaan Rakernas RJB tokoh TKN seperti Diaz Hendropriyono (sekaligus Ketua Dewan Pembina RJB), Maman Imanulhaq (Direktur Relawan TKN), Farhat Abbas.

Rakernas RJB mengusung tema, Penguatan Struktur Organisasi Tingkat Pusat sampai tingkat Kelurahan/Desa, serta Program Pemenangan Bapak Jokowi-Ma'ruf Amin di akar rumput.

Pelaksanaan Kegiatan Rakernas ini diselenggarakan atas hasil urunan dari relawan RJB sendiri. Peserta daerah yang hadir dari: Aceh, Jambi, Sumbar, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, NTT, Kalimantan Timur Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Papua, Papua Barat. Mereka secara mandiri mengongkosi untuk hadir di Rakernas RJB.

Sebagai narasumber pembekalan kepada peserta Rakernas diantaranya Jend (Purn) Moeldoko, Misbakhun, Maman Immanulhaq, Pardamaean Simanjuntak.

Silvia menegaskan, organ RJB berkomitmen mengawal, mensosialisasikan keunggulan pasangan Capres-Cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin sampai ke akar rumput, mengcounter isu hoax, serta menciptakan pemilu yang damai dan bermartabat.

RJB akan berada di garda depan dan siap bersinergi dengan Tim Koalisi Nasional serta relawan pendukung lainnya pengusung Jokowi-Ma'ruf Amin demi menjemput kemenangan di Pilpres 2019.(faz/iss/ipg)‎
top