suarasurabaya.net

Pengamat: Presiden Terpilih Punya Tugas Memberantas Mafia Hukum
Laporan Farid Kusuma | Sabtu, 12 Januari 2019 | 15:10 WIB

Ilustrasi. Neta S Pane Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW)
suarasurabaya.net| Jelang pelaksanaan Pemilu 2019, masyarakat menggantungkan harapan kepada para pasangan calon presiden periode 2019-2024. Salah satunya terkait penegakan hukum.

Neta Sanusi Pane Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) mengatakan, Indonesia sudah menjadi sarang mafia.

Maka dari itu, penegakan supremasi hukum selalu menjadi persoalan yang harus dibereskan setiap rezim pemerintahan.

"Setiap rezim tentu punya catatan plus dan minus mengenai penegakan hukum. Sekarang, mafia di berbagai sektor masih belum tersentuh. Artinya, masih ada yang tidak beres dalam proses hukum di Indonesia. Padahal, setiap rezim seharusnya bisa memberantas mafia," ujarnya dalam diskusi publik yang digelar Sabtu (12/1/2019), di kawasan Cikini, Jakarta Pusat.

Bahkan, lanjut Neta, mafia sudah masuk ke ranah sepak bola nasional. Selain itu, sudah bukan rahasia ada mafia narkoba yang bisa mengatur bisnis haramnya dari dalam penjara.

"Sejumlah persoalan itu harus mendapat respon tegas dari Jokowi maupun Prabowo sebagai calon presiden. Publik harus tahu bagaimana strategi mereka untuk memberantas mafia," tegasnya.

Lebih lanjut, Neta Sanusi Pane berharap pemerintahan ke depan makin serius membenahi institusi kepolisian. Karena menurutnya Polri adalah ujung tombak penegakan hukum di Indonesia. (rid/tin)
top