suarasurabaya.net

OJK Meluncurkan Buku Gaul Keuangan Syariah untuk Milenial
Laporan Zumrotul Abidin | Kamis, 23 Mei 2019 | 20:29 WIB

Para pelajar SMA di Surabaya mendapat buku dan literasi tentang sistem keuangan syariah dari OJK Regional 4 Jatim. Foto: Abidin suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 4 Jatim terus mendorong pemahaman masyarakat pada sistem keuangan syariah. Kali ini menyasar generasi milenial, dengan menerbitkan Buku Gaul Keuangan Syariah untuk pegangan pelajar SMA sederajat.

Heru Cahyono Kepala OJK Regional 4 Jatim mengatakan, daerah Jatim memiliki potensi besar untuk pengembangan keuangan syariah. Penduduk Jatim 97 persen adalah warga muslim. Jumlah Pondok Pesantren dan santri jumlahnya ribuan. Belum lagi, banyak rumah sakit dan Universitas yang dimiliki organisasi Islam cukup besar untuk mengembangkan sistem keuangan syariah.

"Tapi kalau dilihat fakta dari hasil survei keuangan syariah yang dilakukan OJK, tingkat literasi keuangan syariah di Jatim masih 29,35 persen dan tingkat inklusinya 12,21 persen masih relatif kecil padahal memiliki potensi besar sekali," ujarnya dalam sosialisasi bertajuk Aksi Gaul Rek di Hotel JW Marriot Surabaya, Kamis (23/5/2019).

Heru mengatakan, OJK melihat banyak masyarakat belum paham tentang sistem keuangan syariah. Produk perbankan syariah maupun industri keuangan syariah masih belum banyak dipahami masyarakat.

"Sehingga, kami melakukan kerjasama dengan MUI dan industri jasa keuangan syariah untuk terus mengedukasi masyarakat," katanya.

Heru mengatakan, untuk pemahaman literasi dan inklusi keuangan syariah di level milenial masih terlalu kecil. Padahal kaum milenial itu masa depan bangsa, karena setelah ini ada bonus demografi. Maka dengan strategi mengedukasi milenial diharapkan bisa mengembangkan sistem keuangan syariah.

"Kami bersama industri jasa keuangan syariah juga menyediakan tabungan gaul yang menyasar kaum milenial," katanya. (bid/tin)
top