suarasurabaya.net

Saldo Nasabah Sudah Pulih, Bank Mandiri: Hanya Masalah Sistem
Laporan Agung Hari Baskoro | Sabtu, 20 Juli 2019 | 17:00 WIB

R. Erwan Djoko Hermawan Regional CEO Bank Mandiri Regional 8 Jatim. Foto: Baskoro suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| R. Erwan Djoko Hermawan Regional CEO Bank Mandiri Regional 8 Jatim mengatakan, jumlah saldo nasabah Bank Mandiri yang sejak Sabtu (20/7/2019) pagi bermasalah, telah pulih sejak pukul 15.00 WIB.

Ia menegaskan, masalah ini tidak berhubungan dengan pembobolan rekening atau penggelapan seperti yang sempat beredar di masyarakat. Masalah ini terjadi setelah sistem melakukan back up data pada Jumat (19/7/2019) malam.

Pada proses ini, terjadi kendala, dan membuat saldo beberapa nasabah berkurang atau bertambah. Ia mengatakan, ada 10 persen nasabah secara nasional yang mengalami gangguan ini.

"Perlu saya tegaskan, bukan fraud, ini hanya sistem. Tadi pagi, ada yang kurang dan lebih, kalau orang (yang melakukan pembobolan atau fraud) kan kurang semua. Kita jamin semuanya kembali," ujar Erwan di Surabaya pada Sabtu (20/7/2019) sore.

Ia menyebut, sebenarnya Bank Mandiri bisa menyelesaikan persoalan ini lebih cepat sebelum pukul 15.00 WIB. Namun, bank plat merah ini memilih prinsip kehati-hatian agar tidak ada persoalan lagi.

Ia juga mengimbau masyarakat agar tenang dan bisa mengecek saldonya lagi. Ia menjamin keseluruhan data sudah aman dan kembali normal. Jika ada nasabah yang masih mengalami kendala, Erwan mengatakan, mereka bisa mendatangi kantor cabang terdekat.

Erwan mengaku, hal ini adalah yang pertama kali bagi Bank Mandiri. Kendala ini akan menjadi pembelajaran bagi bank tersebut. Ia juga memohon maaf pada seluruh nasabah atas masalah selama beberapa jam tersebut. (bas/ang/bid)
top