suarasurabaya.net


SEA Games 2019

Menang Lawan Thailand, Ganda Putri Tenis Indonesia Sumbang Medali Emas
Laporan Ika Suryani Syarief | Sabtu, 07 Desember 2019 | 13:01 WIB

suarasurabaya.net| Indonesia kembali mendulang medali emas di SEA Games 2019. Beatrice Gumulya/Jessy Priskilia Rompies, pasangan ganda putri tenis menaklukkan Peangtarn Plipuech/Tamarine Tanasugarn, pasangan Thailand, hanya dalam dua game, di lapangan 1 Rizal Memorial Tennis Center, Manila, Sabtu (7/12/2019).

Pada set 1, Indonesia menang 6-3. Kemudian pada set kedua 6-3.

Budi Setiawan dari KONI Jatim kepada suarasurabaya.net melaporkan, pasangan Beatrice Gumulya/Jessy Priskilia Rompies sudah unggul sejak set pertama. Pengalaman di level internasional, beberapa kali jadi kontestan Wismilak Open di Surabaya, gagal mengantar Tamarine menjadi penentu keunggulan Thailand.

Senioritas Tamarine rupanya justru menjadi titik lemah Thailand. Hal ini terlihat dari Tamarine yang selalu menjadi sasaran penempatan bola pasangan Indonesia. Fisik Tamarine cepat melemah. Kerap kali, bola mati berbuah menjadi poin bagi Indonesia.

Sementara di set kedua, pasangan Indonesia asal Jatim itu dengan mudah unggul 3-0 hanya dalam waktu sekitar 27 menit. Kemudian akhirnya menang 6-3 atas pasangan Thailand.

Emas dari ganda putri ini menjadi yang kedua untuk Indonesia di cabang olahraga tenis setelah pada Jumat (6/12/2019) Aldila Sutjiadi menjadi yang terbaik di nomor tunggal putri.

Selain itu, prestasi Beatrice dan Jessy sekaligus mengakhiri puasa emas 14 tahun Indonesia dari tenis ganda putri SEA Games. Medali emas sebelumnya diraih ganda putri Wynne Prakusya dan Romana Tedjakusuma di SEA Games 2005.

Beatrice dan Jessy juga mencatatkan pencapaian individu pertama kali meraih medali emas selama mengikuti SEA Games. Sebelumnya, mereka tidak pernah menjadi yang terbaik di semua nomor tenis yang diikuti di Pesta Olahraga Asia Tenggara.

Indonesia masih berpotensi mendapatkan satu medali emas lagi dari tenis melalui ganda campuran Aldila Sutjiadi/Christopher Rungkat yang akan bertarung melawan pasangan Thailand Tamarine Tanasugarn/Sanchai Ratiwatana di partai final pada Sabtu (7/12/2019) mulai pukul 14.00 waktu setempat.(iss/ipg)

SS TODAY LAINNYA

top