suarasurabaya.net

Restoran Indonesia Akhirnya Hadir di Wellington Selandia Baru
Laporan Muchlis Fadjarudin | Kamis, 16 Januari 2020 | 18:44 WIB

suarasurabaya.net| Ada yang tidak biasa di jalan Marjoribanks, Wellington, Selandia baru sore tadi waktu setempat. Di jalan yang penuh dengan restoran dan cafe ini terdengar suara gamelan dan terlihat kumpulan orang di depan sebuah restoran. Hari ini, Kamis (16/1/2020), sebuah restoran Indonesia dibuka oleh Tantowi Yahya Dubes RI untuk Selandia Baru.

Garuda Truck and Eatery hadir gagah di tengah banyak restoran dan cafe di ibukota Selandia Baru ini.

"Setelah sekian lama dirindukan, akhirnya sebuah restoran Indonesia hadir di sini," jelas Tantowi bangga.

Garuda Truck and Eatery adalah buah dari kerja keras pengusaha katering asal Makassar bernama Burhan yang sudah lama melintang di bisnis makanan di Wellington.

"Saya memulai usaha ini tujuh tahun lalu dengan membuka food truck dan sambutan masyarakat ternyata sangat baik untuk dua masakan khas saya: nasi goreng dan mie goreng", kata Burhan dalam pidatonya.

Namun menurut dia, baru tiga tahun lalu merasa terpacu dan bersemangat saat pertama kali berjumpa dengan Dubes Tantowi yang menantangnya untuk membuka restoran.

"Sejak saat itu tak henti-hentinya Pak Tantowi mendorong saya untuk menghadirkan restoran Indonesia di Wellington. Pak Tantowi dan ibu Dewi Yahya beserta segenap staff KBRI benar-benar All Out membantu saya dalam mempersiapkan restoran ini," ujar Burhan.

Dubes Tantowi dalam sambutannya di hadapan lebih dari 70 undangan yang hadir di acara pembukaan menyampaikan rasa kagumnya pada Burhan yang memiliki visi besar dan nasionalis dalam berwirausaha di Selandia Baru. Tantowi berterima kasih kepada Burhan yang bersedia menyiapkan salah satu pojok ruangan untuk promosi pariwisata Indonesia.

"Restoran ini akan menjadi etalase Indonesia di Wellington dan menjadi alat diplomasi yang efektif untuk meraih citra baik tentang Indonesia," jelas Tantowi.

Diplomasi kuliner memang menjadi salah satu andalan diplomasi dalam memperkenalkan Indonesia sebagaimana yang telah lama diaplikasikan oleh negara lain seperti Vietnam, Cina, Malaysia atau Thailand.

Acara peresmian ditandai dengan pemotongan pita dan menikmati nasi tumpeng yang menjadi tanda ungkapan terima kasih kepada Tuhan yang Maha Kuasa.(faz/iss/rst‎)

SS TODAY LAINNYA

top