suarasurabaya.net

Satgas Antimafia Bola Terjunkan Tim Awasi Pertandingan Liga 1 2020 di Jatim
Laporan Anggi Widya Permani | Jumat, 21 Februari 2020 | 14:49 WIB

suarasurabaya.net| Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Bola Wilayah Jatim akan menerjunkan tim, untuk mengawasi pertandingan Liga 1 Indonesia 2020 yang berlangsung mulai 29 Februari mendatang.

Kombes Pol Pitra Ratulangi Kepala Satgas Antimafia Bola Wilayah Jatim mengatakan, setiap pertandingan akan diawasi dengan ketat. Dia berharap, tidak ada perbuatan melawan hukum yang bisa mempengaruhi hasil pertandingan.

Selain itu, kata dia, Liga 1 itu juga diharapkan pertandingan berjalan dengan bersih dan jujur sebagaimana mestinya. Dengan begitu, bisa mencetak atlet-atlet sepak bola Jatim yang handal dan tangguh.

"Kami Satgas Antimafia Bola yang ketiga untuk Wilayah Jatim, baru saja mengadakan rapat koordinasi terkait dengan menyatukan persepsi untuk kegiatan kita ke depan," kata Pitra, Jumat (21/2/2020).

"Lalu, dalam kesempatan ini kami juga menyampaikan pada masyarakat bahwa kegiatan pertandingan bola Liga I di Jatim ini adalah kita awasi dengan ketat," tambahnya.

Bersama timnya, Pitra menegaskan akan menindaktegas siapapun yang berbuat curang dalam pertandingan. Pengawasan ketat ini bukan hanya dilakukan untuk Liga 1 saja, tapi juga semua pertandingan sepak bola yang digelar di Jatim.

"Kegiatan satgas ini adalah kegiatan yang tertutup, dan kami akan mengawasi setiap pertandingan yang ada, yang berlangsung di seluruh Jatim ini," ujarnya.

"Mana kala ada oknum-oknum melakukan tindakpidana bertentangan dengan ini, tim kami sudah siap melakukan penindakan secara hukum. Kami sudah menyiapkan personel kami untuk menangani itu," jelasnya.

Sementara itu, Makin Rahmat Wakil Komisi Disiplin (Komdis) Asprov PSSI Jatim menyambut baik keseriusan aparat kepolisian untuk membantu pelaksanaan Liga 1, agar berjalan sesuai dengan regulasi.

"Di PSSI sendiri ada proses untuk ke sana (sanksi untuk pelanggaran atau kecurangan, red), baik itu nanti sidang di komisi disiplin (komdis) atau aturan-aturan dan itu kami pasti dipantau oleh FIFA," kata dia.

Pihaknya meyakini, dimulainya Liga 1 akan membawa persepakbolaan Indonesia tidak lagi terpuruk di level bawah. Tapi akan ada peningkatan prestasi, paling tidak di level Asean maupun Asia.

Terlebih Indonesia juga akan menjadi tuan rumah di pertandingan Piala Dunia U-20. "Nah itu nanti waktunya kami berprestasi," kata dia.

Sekedar diketahui, Liga 1 Indonesia 2020 berlangsung mulai 29 Februari dan dijadwalkan berakhir pada 31 Oktober 2020. Ada 18 tim peserta Liga 1 2020, termasuk tiga klub promosi dari Liga 2 2019 yakni Persik Kediri, Persita Tangerang dan Persiraja Banda Aceh.

Dikutip dari Instagram @Garudafansbook.id, laga pembuka Liga 1 2020 akan mempertandingkan Persebaya Surabaya v Persik Kediri pada Sabtu, 29 Februari 2020 pukul 18.30 WIB. (ang/iss/ipg)

SS TODAY LAINNYA

top