suarasurabaya.net

Balsa Bridge Competition Perkuat Daya Saing Siswa SMK dan SMA
Laporan J. Totok Sumarno | Jumat, 21 Februari 2020 | 17:00 WIB

suarasurabaya.net| Universitas Narotama Surabaya, Jumat (21/2/2020) gelar Balsa Bridge Competition yang diikuti sejumlah sekolah SMA dan SMK, sebagai sebuah bentuk memperkuat daya saing sekolah di masa mendatang.

Tim Balsa Bridge dari SMKN 5 Surabaya terlihat serius memasangkan jembatan mereka pada alat uji. Jembatan yang mereka buat dari kayu Balsa itu diuji kekuatannya memakai beban yang sudah dipersiapkan tim penguji.

Mereka dan 40 tim lain dari SMA dan SMK se Jawa Timur sedang mengikuti Balsa Bridge Competition tingkat SMA dan SMK gelaran program studi Teknik Sipil Universitas Narotama Surabaya, Jumat (21/02/2020).

Sebagai tim pertama yang melakukan pengujian, tim dari SMKN 5 Surabaya terlihat grogi dalam pemasangan jembatan. Saat pengujian, jembatan Balsa mereka berhasil menahan beban seberat 18,1 kg.

Kompetisi Balsa Bridge ini merupakan satu diantara kegiatan dari serangkaian acara yang digelar tahunan Civil Nation 2020.

Liliana Hannes, sie acara Balsa Bridge Competition Universitas Narotama Surabaya menyampaikan bahwa kompetisi Balsa Bridge memang sengaja dipilih dalam acara kali ini, karena saat ini juga digemari pelajar di tingkat SMA dan SMK.

"Teknik Sipil Universitas Narotama memang fokus pada jembatan dari kayu Balsa karena kayu Balsa dipakai dalam perencanaan jalan dan jembatan di dunia industri. Sehingga kami dilatih agar terbiasa menggunakan kayu Balsa sebelum masuk dunia kerja dan berusaha membiasakan itu juga pada siswa SMA dan SMK," terang Lilana.

Dengan kompetisi Balsa Bridge tingkat SMA dan SMK, di Civil Nation 2020, ditegaskan Liliana pihaknya berharap kompetisi ini bisa memperkuat daya saing bangsa khususnya di kalangan generasi muda yang sudah dibiasakan dengan kondisi di dunia kerja yang sesungguhnya.

"Dengan tema Break the Limit, Build the Future, kami berharap kompetisi ini bisa membuat adik-adik SMA dan SMK mengerahkan kemampuan mereka dalam membuat jembatan dari kayu balsa yang terbaik dan nantinya bisa mengaplikasikan pengalaman ini di dunia kerja," pungkas Liliana mahasiswi semester 6 Teknik Sipil Unnar Surabaya.

Civil Nation 2020, ditambahkan Liliana nantinya dijadwalkan akan berlanjut dengan Seminar Nasional dan Balsa Bridge Competition tingkat Universitas.(tok/iss)

SS TODAY LAINNYA

top