suarasurabaya.net

Duta Perbanas 2020 STIE Perbanas Surabaya, Terpilih
Laporan J. Totok Sumarno | Sabtu, 22 Februari 2020 | 13:38 WIB

suarasurabaya.net| Bertempat di Auditorium Hall A Kampus 1, finalis Duta Perbanas 2020 tampil dalam balutan busana bernuansa tradisi dan budaya Nusantara. Selanjutnya finalis wajib tampil melenggok di atas catwalk, kemudian uji kemampuan diri pada sesi know your mind.

Cornelia Oribel ketua pelaksana menyampaikan, Duta Perbanas 2020 kali ini sudah memasuki tahun keempat. Katanya, rangkaian acara dan konsep pemilihan Duta Perbanas atau biasa disebut The Next Leader 2020 dibuat berbeda dengan sebelumnya.

"Tahun ini merupakan tahun ke empat pelaksanaan pemilihan Duta Perbanas. Dan di tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Karena di tahun ini ditambah satu kejuaraan atau kategori baru yaitu Duta Perpustakaan STIE Perbanas Surabaya," terang Oribel.

Proses rekrutmen ini, lanjut Oribel terdiri dari tahap awal, yaitu: Pertama, seleksi administrasi berkas peserta; Kedua, tes tulis seputar pengetahuan umum ekonomi, Kampus STIE Perbanas, dan Perpustakaan; Ketiga, seleksi wawancara dan psikotest; Keempat, seleksi presentasi; dan Kelima, penampilan bakat pada hari pertama dilanjutkan Grand Final.

"Dan pada hari terakhir, yaitu final diwajibkan kepada finalis untuk mengikuti sesi tanya jawab bersama dewan juri saat mereka tampil diatas catwalk. Selanjutnya adalah penentuan juara sebagai Duta Perbanas 2020," tambah Oribel.

Segenap finalis memang dituntut memiliki kompetensi yang harus dimiliki, diantaranya adalah kelebihan dalam bidang akademik, misalnya kemampuan berbahasa asing, pengetahuan umum seputar ekonomi serta pemahaman tentang STIE Perbanas Surabaya sendiri.

"Non akademik yang juga mendapat penilain dan akan menjadi pertimbangan dewan juri saat final diantaranya adalah aktivitas atau keaktivan finalis dalam organisasi internal kampus atau keaktifan mengikuti lomba-lomba no akademik di lingkungan kampus maupun dii luar kampus," tegas Oribel.

Berdasarkan kriteria, serta penilaian yang sudah dilakukan dewan juri, ditetapkanlah Nuriya Deasy Shafira, finalis nomor 14 yang berhak meraih juara dna menjadi pemenang serta menyandang gelar Putri Duta Perbanas 2020.

Mahasiswi Sarjana Akuntansi ini mengaku bangga menyandang gelar Putri Duta Perbanas 2020, yang juga sekaligus membanggakan tentunya bagi kedua orang tuana meskipun tugas kedepan sebagai Duta Perbanas 2020 bakal berat.

"Bangga tentunya, sekaligus bersyukur bisa membuat bangga kedua orang tua. Tentunya akan banyak tugas berat yang harus diemban. Tetapi yang pasti ke depan selain kuliah juga akan melaksanakan program kerja di paguyuban serta membantu humas STIE Perbanas Surabaya," tutur Nuriya Deasy Shafira.

Sementara itu disampaikan Andika Alamsyah pasangan terpilih untuk Duta Perbanas 2020, dirinya mengaku bangga dan senang meskipun kedepan nanti akan ada banyak tugas berat yang harus diemban demi berkontribusi bagi kemajuan STIE Perbanas Surabaya.

"Potensi para finalis tahun ini juga perlu dikembangkan, dalam rangka mendukung program kerja kampus sekaligus juga untuk mendorong dan memberikan kontribusi bagi kemajuan kampus tercinta, STIE Perbanas Surabaya," ujar Andika Alamsyah, Sabtu (22/2/2020).(tok)

SS TODAY LAINNYA

top