suarasurabaya.net

  •  
  • Kembali  SS Today
  • 41 Anggota DPRD Kota Malang Tersangka KPK

Fadli Zon: 41 Anggota DPRD Malang Jadi Tersangka Harus Didalami Per Kasus
Laporan Muchlis Fadjarudin | Jumat, 07 September 2018 | 16:28 WIB

suarasurabaya.net| Fadli Zon Wakil Ketua DPR RI mengatakan, penyidikan 41 tersangka anggota DPRD Malang, Jawa Timur harus kasus per kasus.

"Ya kalau menurut saya kita harus melihat ini kasus per kasus. Apa yang terjadi di Malang, kita harus lihat kasusnya seperti apa dan tentu kita harus mendalami ini," ujar Fadli di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (7/9/2018).

Dari pendalaman kasus per kasus tersebut, kata Fadli, akan bisa diketahui, apakah sebuah korupsi tersebut direncanakan atau kesalahan administrasi.

"Kita lihat lah nanti proses hukum seperti apa. Apakah ini sebuah korupsi yang direncanakan atau bisa saja kesalahan administrasi yang menyebabkan itu," kata dia,

Fadli mengaku sangat prihatin dan menyayangkan dengan ditetapkannya 41 tersangka anggota DPRD Malang ini.

"Tentu sangat kita sayangkan dan saya kira ini memprihatinkan terhadap apa yang terjadi ini. Tetapi kita harus lihat secara Holistik lah nanti tapi tetap pendekatannya kasus per kasus," jelas Fadli.

Sekadar diketahui, kasus korupsi massal yang melibatkan unsur eksekutif dan legislatif Kota Malang terungkap sesudah KPK memproses hukum Mochamad Arief Wicaksono Ketua DPRD Kota Malang.

Arief disangka menerima suap Rp700 juta dari Jarot Edy Sulistyono yang waktu itu menjabat Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Malang, untuk dibagikan kepada sejumlah anggota dewan.

Pemberian itu diketahui atas perintah Mochamad Anton Wali Kota Malang, untuk memperlancar proses pengalihan anggaran dalam APBD Perubahan Kota Malang Tahun Anggaran 2015.

Sesudah menetapkan 19 Anggota Dewan dan Wali Kota Malang sebagai tersangka, Senin (3/9/2018), KPK mengumumkan status 22 orang Anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka baru.

Para tersangka itu masing-masing terindikasi menerima suap antara antara Rp12,5 juta sampai Rp50 juta.

Dengan penetapan tersangka itu, tercatat sudah 41 orang dari total 45 Anggota DPRD Kota Malang yang berurusan dengan KPK.(faz/iss/ipg)

SS TODAY LAINNYA

top