suarasurabaya.net

  •  
  • Kembali  SS Today
  • Hari Kunjung Perpustakaan

Kembangkan Minat Baca, Berikut Perpustakaan Terunik di Indonesia
Laporan Agustina Suminar | Kamis, 13 September 2018 | 16:00 WIB

suarasurabaya.net| Besok Jumat (14/9/2018) merupakan peringatan hari kunjung perpustakaan. Sayangnya, saat ini popularitas perpustakaan perlahan digantikan oleh gadget yang banyak menyediakan literasi elektronik karena dianggap lebih praktis dan lebih mudah diakses.

Namun anggapan itu sepertinya tidak berlaku pada perpustakaan unik di dibawah ini. Tidak hanya menyediakan buku, perpustakaan ini juga memiliki desain yang lain daripada yang lain. Berikut beberapa perpustakaan unik Indonesia yang diambil dari beberapa sumber:

1. Kereta Pustaka


Kereta Pustaka yang saat ini berada di Museum Ambarawa. Foto: wikipedia

Kereta Pustaka Indonesia adalah kereta khusus yang digunakan sebagai perpustakaan dan museum diluar gedung. Kereta ini merupakan hasil modifikasi dari kereta bagasi bernomor seri B 0 80 01.

Kereta ini memulai dinasnya pada tahun 1980 sebagai kereta barang karena sangat efisien sebagai alat pengangkut yang ramah lingkungan serta daya angkutnya besar.

Dahulunya kereta ini merupakan kereta Rel Diesel MCW (KRD MCW) kemudian dirombak menjadi kereta bagasi. Sekarang kereta ini telah berada di Museum Kereta Api Ambarawa bersamaan dengan Lokomotif CC 200 15 yang dipajang dalam satu rel, dengan tujuan sebagai sarana edukasi perkeretaapian di Indonesia.

2. Perpustakaan Kontainer


Perpustakaan Kontainer yang ada di Batu, Jawa Timur. Foto: architizer.com

Berada di kawasan Batu, Malang, Jawa Timur, terdapat perpustakaan unik yang dibangun secara kreatif dari tujuh kontainer bekas. Perpustakaan yang dinamakan perpustakaan 'Amin' ini memiliki 6.000 koleksi buku yang bisa dibaca oleh masyarakat setempat secara gratis.

Menghadap ke arah pucuk-pucuk pepohonan dan rumah penduduk, ketujuh kontainer berbeda ukuran dan warna itu masing-masing memiliki fungsi tersendiri. Kontainer biru misalnya, disediakan untuk ruang membawa buku-buku populer dan hiburan. Sementara kontainer berkelir kuning khusus ruang baca perempuan, sedangkan ruang kontainer berwarna merah untuk buku-buku sains dan teknologi.

Kontainer ketiga gedung ini menawarkan pemandangan Kota Batu yang dikelilingi pepohonan.

3. Perpustakaan Soeman HS


Perpustakaan Soeman HS di Riau. Foto: Instagram @rrupama

Perpustakaan Soeman H.S. adalah salah satu perpustakaan di Riau yang menyimpan arsip nasional dan berstatus perpustakaan provinsi. Perpustakaan ini dibangun dengan APBD Riau yang dianggarkan dalam gerakan pendidikan Riau Membaca.

Perpustakaan ini mempunyai 6 lantai guna memenuhi fasilitas publik berupa perpustakaan daerah, yang pada saat itu di Riau belum memiliki gedung yang representatif. Desainnya unik terinsipirasi dari alas baca Al-Quran sekilas juga mirip dengan buku yang sedang terbuka.

4. Perahu Pustaka Pattingalloang


Perahu Pustaka yang ada di Sulawesi. Foto: www.aktual.com

Terinspirasi oleh seorang ilmuwan asal Makassar, Ridwan Alimuddin dan Kamaruddin Azis pendiri perahu pustaka memberi nama perpustakaan berjalannya dengan nama Perahu Pustaka Pattingalloang.

Perahu pustaka adalah gerakan literasi membaca dengan menggunakan perahu untuk membawa buku-buku ke pesisir dan pulau kecil di Sulawesi dan Kalimantan. Perahu ini membawa muatan sekitar 4000 buku yang didominasi buku anak-anak, seperti komik, buku pelajaran sekolah, novel hingga buku-buku fiksi.(berbagai/tin)

SS TODAY LAINNYA

top