suarasurabaya.net

  •  
  • Kembali  SS Today
  • Kecelakaan Maut, Pajero Vs KA Sri Tanjung

KAI Mengimbau Masyarakat Taati Rambu-Rambu Lalu Lintas di Pelintasan Sebidang
Laporan Ika Suryani Syarief | Kamis, 25 Oktober 2018 | 14:45 WIB

suarasurabaya.net| PT. Kereta Api Indonesia (KAI) dengan tegas mengimbau seluruh pengguna jalan raya untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas saat akan melewati pelintasan sebidang.

"Pengguna jalan raya harus tetap waspada dan mawas diri, apalagi pada akhir pekan, saat frekuensi KA melintas di pelintasan sebidang lebih tinggi karena adanya perjalanan KA tambahan," kata Gatut Sutiyatmoko Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Surabaya dalam rilis yang diterima suarasurabaya.net Kamis (25/10/2018).

"Ada atau tidak ada penjaga maupun fasilitas pelintasan sebidang, saat akan melewati area tersebut, masyarakat haruslah memperhatikan seluruh rambu lalu lintas dan tanda-tanda keselamatan yang ada," tambahnya.

KAI sebagai operator dan penyelenggara sarana perkeretaapian hanya bertanggung jawab mengantarkan para penumpang KA dengan selamat hingga stasiun tujuan sesuai aturan yang berlaku.

Untuk mewujudkan keselamatan di pelintasan sebidang, PT KAI telah gencar melakukan sosialisasi keselamatan perjalanan kereta api, salah satunya keselamatan di pelintasan sebidang antara jalur KA dan jalan raya. Hal ini salah satunya karena masih kurangnya kesadaran dan pemahaman pengguna jalan raya terhadap peraturan keselamatan perjalanan KA di pelintasan sebidang.

Gatut menjelaskan, perjalanan kereta api memang kompleks dan melibatkan berbagai pihak yang berkepentingan. Diperlukan pemahaman akan berbagai aturan yang mengacu pada keselamatan perjalanan KA khususnya di pelintasan sebidang.

"Keselamatan perjalanan kereta api maupun keselamatan lalu lintas jalan umum merupakan tanggung jawab bersama. Tidak memberatkan hanya ke satu pihak saja. Dengan adanya pemahaman dan kesadaran oleh seluruh pihak akan tanggung jawab yang diembannya, maka keselamatan yang diharapkan niscaya dapat diwujudkan," ujarnya.

Terkait musibah yang menimpa mobil Pajero Sport bernomor polisi W 1165 YV dan KA Sri Tanjung di pelintasaan kereta api sebidang Jalan Pagesangan, Surabaya, Minggu (21/10/2018), kata Gatut, KAI sangat prihatin dan turut bela sungkawa. "Kami berharap peristiwa seperti ini tidak terulang lagi," katanya.(nin/iss)

SS TODAY LAINNYA

top