suarasurabaya.net

  •  
  • Kembali  SS Today
  • Lion Air JT610 Jatuh

Sanksi Lion Air Menunggu Penyelidikan KNKT
Laporan Muchlis Fadjarudin | Selasa, 30 Oktober 2018 | 22:52 WIB

suarasurabaya.net| Kementerian Perhubungan sampai saat ini belum memberikan sanksi kepada maskapai penerbangan Lion Air setelah jatuhnya JT 610 di perairan Karawang.

Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan mengatakan kalau pemberian sanksi terhadap maskapai penerbangan Lion Air akan menunggu penyelidikan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT)

Menurut dia, pemberian sanksi itupun akan melihat aturan-aturan yang ada.

"Kalau kita bicara soal sanksi, sanksi itu diatur oleh beberapa level peraturan lain, aturan umum, aturan khusus. Ini pasti ada sanksi. Pada siapa sanksi itu kita lakukan, kita akan melakukan klarifikasi, yang diikuti oleh KNKT," ujar Budi di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (30/10/2018).

Kata dia, Kementerian perhubungan akan melakukan inspeksi untuk klarifikasi terhadap pesawat Lion, apakah dalam keadaan baik atau tidak. Setela klarifikasi selesai, maka KNKT akan bekerja untuk mengungkap apa penyebabnya.

"Kita menginspeksi pesawat -pesawat itu untuk keperluan klarifikasi apakah pesawat itu cukup baik atau punya masalah. Nah, dari klarifikasi ini kita akan sampaikan ke KNKT, dan KNKT akan bekerja cepat untuk menetapkan penyebabnya.

Kata Menhub, dari hasil penyelidikan KNKT itu, akan segera dijatuhkan sanksi kepada maskapai penerbangan.

"Sanksi itu bisa diberikan kepada Manajemen, bisa dilakukan kepada anggota direksi, bisa dilakukan kepada kru, dan bisa dilakukan pada pesawat itu sendiri.(faz/ipg)

SS TODAY LAINNYA

top