suarasurabaya.net

  •  
  • Kembali  SS Today
  • Lion Air JT610 Jatuh

Mantan Dirjen Hubud Bantah Pergantian Dirinya karena Kecelakaan Lion Air
Laporan Agustina Suminar | Kamis, 15 November 2018 | 19:22 WIB

suarasurabaya.net| Agus Santoso Mantan Direktur Jenderal Perhubungan Udara (Hubud) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan pergantian dirinya tidak ada kaitannya dengan isu kecelakaan Lion Air JT 610.

"Berita menyebar di hari Senin lalu ada tendensi pencopotan Dirjen Perhubungan Udara, saya klarifikasi saya mendapat SK Pensiun dari Presiden sejak Agustus lalu," katanya di Jakarta, dilansir Antara, Kamis (15/11/2018).

Agus mengatakan sudah pensiun sejak Agustus 2018. Saat ini ia menjabat sebagai Komisaris Utama PT Garuda Indonesia Tbk. Dia mengatakan, perusahaan yang diawasinya itu selalu mengedepankan nilai-nilai keselamatan dan keamanan penerbangan.

"Keselamatan penerbangan ini harus dikawal dari waktu ke waktu, tidak boleh kendor dan Garuda perusahaan negara yang terbuka," katanya.

Ikhsan Rosan Vice President Corporate Communication PT Garuda Indonesia Tbk, membenarkan Agus Santoso kini sebagai Komisaris PT Garuda Indonesia Tbk setelah pensiun dari Dirjen Perhubungan Udara di Kementerian Perhubungan sejak 27 Juli 2018 lalu.

"Yang benar adalah Pak Agus sudah pensiun dari jabatan Dirjen Perhubungan Udara sejak 27 Juli 2018, karena secara aturan Undang-undang ASN usia maksimum Dirjen adalah 60 tahun. Kini, Pak Agus aktif sebagai Komisaris Utama di Garuda," ujar Ikhsan.

Surat Keputusan (SK) selesai sebagai Dirjen sekaligus alih status Widyaiswara Utama tertuang dalam Keppres Nomor 32/M Tahun 2018 ditandatangani Presiden tanggal 5 Juni 2018 dan berlaku sejak 27 Juli 2018.

Setelah pensiun, Ikhsan menjelaskan, jabatan Dirjen Perhubungan Udara kosong selama kurang lebih empat bulan, di mana di dalam kekosongan ini, pengoperasian pesawat Lion JT 610 mulai 15 Agustus 2018 dan kecelakaan 29 Oktober 2018.

"Jadi, informasi berita yang menyatakan bahwa Menteri Perhubungan mencopot Agus Santoso merupakan buntut kecelakaan Lion Air JT 610 sebagai Dirjen Perhubungan Udara sama sekali tidak benar," kata Ikhsan.(ant/tin)

SS TODAY LAINNYA

top