suarasurabaya.net

  •  
  • Kembali  SS Today
  • Lion Air JT610 Jatuh

KNKT Minta Lion Air Meningkatkan Budaya Keselamatan dan Buat Dokumen yang Tepat
Laporan Muchlis Fadjarudin | Rabu, 28 November 2018 | 13:36 WIB

suarasurabaya.net| KNKT meminta Lion Air meningkatkan budaya leselamatan dan memuat dokumen yang tepat. Ini merupakan dua rekomendasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) atas laporan awal sesudah 30 hari kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 PK-LQP jurusan Jakarta-Pangkal Pinang tanggal 29 Oktober 2018 lalu.

Nurcahyo Utomo Ketua Sub Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan KNKT mengatakan kalau Lion Air diminta menjamin implementasi dari Operation Manual part A subchapter 1,4,2 dalam rangka meningkatkan budaya keselamatan dan untuk menjamin pilot dapat mengambil keputusan untuk meneruskan penerbangan.

Sedangkan rekomendasi yang kedua adalah Lion Air diminta menjamin semua dokumen operasional diisi dan didokumentasikan secara tepat. Ini berdasarkan adanya perbedaan data jumlah Pramugari.

"Soal peningkatan keselamatan, ini terkait dengan penerbangan Denpasar-Jakarta yang terjadi gangguan-gangguan yang seharusnya tidak lanjut terbang, tetapi pilot tetap memutuskan lanjut terbang," ujar Nurcahyo dalam jumpa pers di kantor KNKT jalan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Rabu (28/11/2018).

"Soal dokumen penerbangan, harus sesuai isi dan kondisi yang sebenarnya, karena tercatat lima Pramugari, padahal sesungguhnya ada enam. Ini yang kita minta pada Lion," kata dia.

Sementara untuk Flight Data Recorder (FDR) kata Nurcahyo, merekam adanya masalah sejak pesawat Lion Air JT 610 lepas landas hingga jatuh. Dalam rekaman tersebut diketahui kalau hidung pesawat naik turun secara otomatis dan pilot berusaha menaikan kembali hidung pesawat itu.

"FDR tersebut merekam adanya perbedaan antara Angle of Attack (AoA) sebelah kiri dan kanan sekitar 20 derajat yang terus menerus terjadi," jelasnya.

Nurcahyo juga menjelaskan kalau sejak tanggal 26 Oktober 2018, pesawat tersebut sudah mengalami enam masalah atau gangguan. Gangguan terjadi di masalah indikator kecepatan dan dan ketinggian.(faz/ipg)

SS TODAY LAINNYA

top