suarasurabaya.net

  •  
  • Kembali  SS Today
  • Pahlawan Masa Kini

Peringati Hari Pahlawan, DPR Minta Pemerintah Segera Mengangkat Guru Honorer
Laporan Farid Kusuma | Sabtu, 10 November 2018 | 14:19 WIB

suarasurabaya.net| Effendi Simbolon Anggota DPR RI berharap Pemerintah segera mengeluarkan kebijakan pengangkatan status guru honorer di seluruh Indonesia, menjadi pegawai negeri.

Legislator dari PDI Perjuangan itu menilai, guru merupakan pahlawan yang punya peran penting menyiapkan generasi penerus berkualitas, sehingga kesejahteraannya perlu mendapat perhatian.

Menurut Effendi, sampai sekarang kesejahteraan guru di berbagai wilayah belum merata. Gaji guru paling tinggi di Jakarta, yang setara pejabat eselon di daerah.

"Kami berharap Pak Jokowi segera mengeluarkan kebijakan mengangkat para guru honorer menjadi guru tetap. Konsekuensinya tentu perlu mengalokasikan tambahan anggaran di dalam APBN," ujarnya dalam diskusi publik bertema Pendidikan Vokasi, siang hari ini di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (10/11/2018).

Selain soal kesejahteraan guru, Effendi juga mendesak pemerintah mengkaji ulang sistem pendidikan, mulai strata dasar, menengah, sampai strata tinggi.

Salah satu tujuannya, supaya kualitas sekolah menengah kejuruan (SMK) atau pendidikan vokasi bisa merata. Sehingga lulusannya punya keterampilan yang terkoneksi dengan dunia industri.

Di tempat yang sama, Anton J Supit Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Ketenagakerjaan dan Hubungan Industrial menyatakan, dunia industri akan sangat nyaman kalau lulusan SMK sesuai kebutuhan dari segi kualitas dan kompetensi.

Sekarang, menurut Anton, masih ada kebijakan pendidikan yang perlu diperbaiki, termasuk kompetensi guru yang harus sesuai dengan jenis sekolah vokasi.

Tapi, Anton menilai sebaik-baiknya kualitas lulusan SMK, semua itu tidak akan berjalan sesuai harapan kalau iklim investasi di Indonesia tidak kondusif. (rid/tin/ipg)

SS TODAY LAINNYA

top