suarasurabaya.net

  •  
  • Kembali  SS Today
  • Suara Surabaya Economic Forum 2019

Langkah-Langkah Hadapi Perubahan Ekonomi Agar Tetap Eksis Menurut Rhenald Kasali
Laporan Agung Hari Baskoro | Rabu, 05 Desember 2018 | 21:30 WIB

suarasurabaya.net| Rhenald Kasali membagikan beberapa langkah untuk menghadapi perubahan ekonomi agar tetap eksis kepada ratusan pebisnis dan bussiness enthusiast di Surabaya. Berbicara di depan ratusan peserta Suara Surabaya Economic Forum (SSEF) 2019, ia membagikan 8 langkah untuk menghadapi perubahan ekonomi.

1. Tetap Lakukan Eksploitasi yang Ada

Rhenald menyebut, eksploitasi menjadi ciri khas pengusaha lama dalam menggerakkan bisnis. Hal ini perlu diwaspadai, karena jika tidak berhati-hati, maka pengusaha bisa tenggelam. Ia mengibaratkan, sebuah sumur minyak, pasti akan "kering" suatu saat. Namun ia menyebut, bagi pengusaha yang sudah memiliki ladang eksploitasi, bisa diteruskan sambil menyiapkan eksplorasi

2. Jangan Lupa Eksplorasi yang Baru

Di tengah-tengah revolusi Industri 4.0, eksplorasi yang penuh ketidakpastian sangat dibutuhkan agar pengusaha tidak tergerus oleh jaman.

3. Jangan Berpura-Pura Tidak Terjadi Apapun

Pengusaha dari generasi tua diharapkan tidak berpura-pura dan mengabaikan segala perubahan yang ada. Pengusaha generasi tua harus merespon perubahan yang ada.

4. Investasi dalam SDM, Lakukan Peremajaan

Pengusaha yang memiliki pegawai, bisa melakukan investasi berupa peremajaan pegawai. Ini dilakukan agar perusahaan mendapar pikiran-pikiran baru yang mampu mengembangkan perusahaan.

5. Belajar Lagi Hal Baru, Atau Saatnya Regerasi, Suksesi

Pengusaha generasi lama harus mau mempelajari hal-hal baru terkait revolusi industri 4.0. Ini agar pengusaha tidak tertinggal dengan perubahan ekonomi yang terus berkembang. Namun, ada opsi lain yaitu melakukan regenerasi dengan memberi kesempatan anak muda memimpin.

6. Bila Memungkinkan, Bergabung atau Berkolaborasi (dengan platform)

Rhenald Kasali menyebut, jaman sekarang adalah jamannya berkolaborasi. Perusahaan-perusahaan harus berani bergabung atau berkolaborasi untuk mengembangkan kekuatan lebih besar dan lebih kuat.

7. Jaga Likuiditas, Jangan Over Asset

Rhenald menyebut, pengusaha harus menjaga likuiditas dan tidak melakukan pembelian-pembelian yang membuat kondisi over asset. Memiliki aset secara berlebihan tidak baik dalam bisnis digital saat ini.

8. Nikmati Hidup

Rhenald menyebut, manusia juga harus mampu menikmati hidupnya. Untuk pengusaha, ia menyarankan untuk mempelajari hal-hal baru dengan melakukan perjalanan ke tempat-tempat baru agar bisa melihat hal baru yang menginspirasi. (bas/tin/rst)

SS TODAY LAINNYA

top