suarasurabaya.net

  •  
  • Kembali  SS Today
  • Kasus Hukum Gubeng Ambles

Kapolda Nyatakan Amblesnya Jalan Gubeng, Kesalahan Teknis Proyek Basement RS Siloam
Laporan Zumrotul Abidin | Kamis, 20 Desember 2018 | 15:33 WIB

suarasurabaya.net| Irjen Pol Luki Hermawan Kapolda Jatim mengungkapkan, dari hasil pemeriksaan 34 orang saksi dan olah tempat kejadian perkara (TKP) amblesnya Jalan Raya Gubeng Surabaya, maka diputuskan insiden ini disebabkan kesalahan teknis pada proyek basement perluasan RS Siloam.

"Hasil gelar perkara semalam, dan hasil olah TKP yang dilakukan oleh tim, kami sudah memutuskan terkait amblesnya Jalan Raya Gubeng ini dugaan kuat kami ada kesalahan teknis yaitu akibat dari pembangunan yang dilakukan oleh Rumah Sakit Siloam, yang mana membangun tiga lantai basement," kata Luki di lokasi kejadian, Kamis (20/12/2018).

Luki mengatakan 34 saksi yang diperiksa itu terdiri dari berbagai profesi, termasuk karyawan PT Nusa Konstruksi Enjiniring (NKE), dan rumah sakit. Dari hasil pemeriksaan, beberapa keterangan-keterangan mengarah pada kesalahan teknis pada proyek perluasan RS Siloam, sebagai penyebab amblesnya jalan.

"Makanya itu kami berani katakan ada dugaan kuat ada kesalahan teknis yang mengakibatkan amblesnya tanah karena ada pengerjaan basement ke bawah," ujar Luki.

Luki mengatakan, saat ini pihaknya masih mendalami beberapa Undang-Undang terkait masalah bangunan dan konstruksi yang bisa berkaitan dengan pelanggaran penyebab amblesnya jalan tersebut. Namun, kata dia, yang tidak kalah pentingnya saat ini adalah melakukan perbaikan fungsi jalan dan trotoar yang ambles tersebut.

"Yang penting ini kita akan menyelamatkan dua gedung, yaitu BNI dan Elizabeth. Dan mengembalikan fungsi jalan raya dan trotoar. Ini dalam waktu singkat akan dilakukan," kata Luki. (bid/dim/rst)

SS TODAY LAINNYA

top