suarasurabaya.net

  •  
  • Kembali  SS Today
  • Kasus Hukum Gubeng Ambles

Polisi Sudah Memeriksa 35 Saksi untuk Kasus Amblesnya Raya Gubeng
Laporan Agung Hari Baskoro | Kamis, 20 Desember 2018 | 19:40 WIB

suarasurabaya.net| Irjen Pol Luki Hermawan Kapolda Jatim mengatakan, ada tiga dasar hukum yang akan digunakan polisi untuk melakukan penyidikan kasus amblesnya Jalan Raya Gubeng. Tiga dasar hukum tersebut yaitu Undang-Undang RI nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan, Pasal 192 KUHP Dan Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.  

"Tiga undang-undang utama akan kami gunakan untuk dasar proses penyidikannya," ujar Irjen Pol Luki Hermawan saat ditemui di lokasi amblesnya Jalan Raya Gubeng pada Kamis (20/12/2018).

Ia juga menyebut, hingga saat ini, sudah ada tiga Laporan Polisi (LP) yang kini makin memperkuat pemeriksaan kasus amblesnya tanah di Jalan Raya Gubeng, Surabaya. Kapolda mengatakan, ketiga laporan polisi tersebut berasal dari Pemerintah Kota Surabaya, BNI, dan Balai Besar Jalan Raya Nasional.

Ia juga mengatakan, saat ini polisi sudah mengumpulkan barang bukti satu persatu. Untuk sisanya, masih akan diupayakan diambil karena masih tertimbun di lokasi amblesnya Raya Gubeng.

"Penggambilannya juga nanti kita akan membutuhkan waktu mungkin dengan menggunakan las. Karena ini juga penting untuk ini (penyidikan, red), karena saksi-saksi sudah diperiksa," katanya.

Ia berjanji penyidikan akan terus berlanjut dengan melakukan penyidikan dari bawah. Saksi-saksi diambil dari pekerja yang nantinya akan diselidiki perannya dalam proses pembangunan basement.

"Ia berperan sebagai apa, apakah sudah tahu istilahnya kerawanan bahwa ini berbahaya, nah kita akan melihat," kata Irjen Pol Luki.

Saat ini, polisi sudah memeriksa total 35 saksi termasuk tiga perusahaan di dalamnya dan tambahan dua saksi ahli. (bas/tin)

SS TODAY LAINNYA

top