suarasurabaya.net

  •  
  • Kembali  SS Today
  • Revitalisasi Kota Tua Surabaya Utara

Wacana Pembangunan Museum Ampel Bergulir
Laporan Agung Hari Baskoro | Kamis, 28 Februari 2019 | 15:58 WIB

suarasurabaya.net| Pembangunan Museum di Kawasan Wisata Religi Ampel, Surabaya mulai bergulir. Antiek Sugiharti Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya mengaku, sudah menyampaikan rencana tersebut kepada pengelola destinasi wisata Ampel.

Ia berharap, dengan adanya museum di kawasan Wisata Religi Ampel, wisata Ampel jadi lebih hidup.

"Karena disana tidak hanya wisata ziarah. Akan lebih bagus jika dibuat museum," ujarnya kepada suarasurabaya.net.

Ia mengaku, rencana ini mendapat sambutan baik karena pengelola destinasi wisata Ampel juga merencanakan hal serupa. Ia mengaku siap membantu pengelola untuk mewujudkan hal tersebut.

Berdasarkan hasil diskusi antara Disbudpar dengan pihak pengelola, sudah ada dua lokasi strategis yang diproyeksikan menjadi tempat berdirinya museum Ampel. Lokasinya diproyeksikan berada di wilayah masjid sunan Ampel dan atau disekitar tempat parkir wisata di Jalan Pegirian.

"Museum itu nanti seputar perkembangan daerah Ampel, dari jaman dulu umat muslim Ikut berjuang dan ikut membangun Indonesia. Bu Wali kan juga menginginkan Surabaya sebagai pusat 1.000 museum," ujarnya.

Tak hanya itu, wacana pembangunan museum Ampel tak terlepas dari bagian dari upaya revitalisasi kawasan Surabaya Utara sebagai destinasi wisata kota tua. Ia berharap, museum Ampel bisa menjadi salah satu rute wisata yang menarik.

"Ya itu bagian dari salah satu rute (kota tua, red) yang mungkin jadi sangat menarik. Kalau mereka ke kota tua bisa sekaligus satu destinasi baru," pungkas Antiek. (bas/tin/rst)

SS TODAY LAINNYA

top