suarasurabaya.net

  •  
  • Kembali  SS Today
  • Banjir Melanda Jawa Timur

Puncak Musim Hujan, Sejumlah Wilayah Jatim Mulai Banjir
Laporan Dwi Yuli Handayani | Rabu, 06 Maret 2019 | 21:25 WIB

suarasurabaya.net| Sesuai prediksi BMKG Juanda, puncak musim hujan terjadi pada Februari hingga Maret bulan ini. Dan karena guyuran hujan yang deras sejak Selasa (5/3/2019) kemarin, beberapa daerah di Jawa Timur dilanda banjir.

Subhan Wahyudiono Kepala BPBD Provinsi Jawa Timur mengatakan, sesuai data di lapangan, kata Subhan, beberapa wilayah yang terdampak banjir diantaranya:

1. Nganjuk
Jalan raya dan pemukiman di Desa Senopati Berbek Akibat luapan sungai Kuncir tergenang banjir akibat luapan sungai Kuncir.

2. Ngawi
Ada 2 kecamatan (Pangkur dan Kwadungan) yang terdiri dari 10 desa terdampak banjir akibat naiknya debit air bengawan Solo dan Bengawan Madiun. Akibatnya aliran dan anak sungai meluap dan menggenangi jalan raya serta pemukiman.

3. Magetan
Banjir menggenangi Desa Ngelang, Kabupaten Magetan.

4. Sidoarjo
Banjir menggenangi balai desa Besahan, Porong.

5. Tuban
Banjir menggenangi 1 kecamatan yakni kecamatan Parengan yang terdiri dari 10 desa.

6. Gresik
Banjir menggenangi 1 kecamatan yakni Desa Lowokwayu, Kecamatan Dukun.

7. Madiun
Mulai dini hari kecamatan Saradan sudah tergenang banjir. Kemudian keesokan harinya, hulu di Wungu meluao dan turun di Wilang Kenceng sehingga pukul 06.00 WIB kendaraan yang melintas di arteri Surabaya-Caruban-Karangjati-Ngawi terpaksa berhenti. Luapan air yang deras menyebabkan jalur arteri tersebut ditutup sementara. Kemudian sore harunya, ruas jalan Surabaya-Caruban-Madiun-Maspati-Ngawi tepatnya di KM 158 digenangi banjir setinggi 20 cm sehingga dalam jarak 2 km kendaraan antre untuk lewat bergantian. Total di Madiun ada 8 kecamatan dan 33 desa yang terdampak banjir.

8. Pacitan
Banjir menggenangi Kecamatan Arjosari.

9. Ponorogo
Banjir menggenangi Dusun Jabon, Desa Dadapan, Kecamatan Mbolang.

Selain banjir, terjadi juga angin puting beliung di wilayah Tongas Probolinggo, satu korban meninggal dunia karena tertimpa pohon tumbang. Selain itu juga ada pohon tumbang dan bangunan rusak, diantaranya atap Indomaret Tongas depan SPBU AKR. (dwi/rst)

SS TODAY LAINNYA

top