suarasurabaya.net

  •  
  • Kembali  SS Today
  • Banjir Melanda Jawa Timur

Banjir Juga Sambangi Ponorogo, Ratusan Warga Mengungsi
Laporan Dwi Yuli Handayani | Kamis, 07 Maret 2019 | 10:53 WIB

suarasurabaya.net| Beberapa sungai di Ponorogo mengalami kenaikan debit air sehingga terjadi banjir di beberapa ruas jalan dan pemukiman warga akibat hujan yang mengguyur sejak Rabu (6/3/2019) sore.

Berdasarkan rilis yang diterima suarasurabaya.net Pusdalops-PB BPBD Ponorogo, sampai saat ini jumlah pengungsi 543 orang di tiga titik pengungsian dan kemungkinan masih bertambah.

Berikut data daerah yang digenangi banjir di Ponorogo:

1. Kecamatan Siman
a. Banjir di Kelurahan Ronowijayan Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo menggenangi Jalan Raya dari STAIN Ponorogo sampai perempatan Jeruksing.
b. Banjir setinggi lutut orang dewasa menggenang di Desa Brahu. Dampaknya arus lalu lintas ditutup sementara.
b. Banjir di Desa Beton, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo hingga air masuk ke rumah warga.

2. Kecamatan Balong
a. Banjir di Desa Dadapan, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo. Dampaknya tanggul sungai Dadapan jebol sehingga menyebabkan banjir meluap ke jalan dan menggenangi pemukiman warga.
b. Banjir di Desa Muneng hingga menggenangi jalan.
c. Banjir di Dukuh Genuk Desa Sedarat menggenangi tiga rumah warga sehingga ada warga yang mengungsi.

3. Kecamatan Sukorejo
a. Banjir di Dukuh Ngambakan, Desa Bangunrejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo. Dampaknya banjir terjadi di Jalan Raya Ngambakan Desa Bangunrejo setinggi 30 cm-35 cm.

4. Kecamatan Ponorogo
a. Banjir di Dukuh Tepeng, Kelurahan Pinggirsari, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo menggenangi beberapa jalan.
b. Banjir di Kelurahan Paju Kecamatan Ponorogo. Dampaknya beberapa warga mengungsikan ternaknya.
c. Banjir di Pondok Darul Huda Mayak, Kelurahan Tonatan, Kecamatan Ponorogo menggenangi satu ruang kelas Pondok setinggi 10 cm dan rumah warga setinggi 10 cm.
d. Pohon Tumbang di Jalan Pacar depan pasar burung Kelurahan Tonatan, Kecamatan Ponorogo mengakibatkan akses jalan tertutup. Namun saat ini akses jalan sudah kembali normal.
e. Banjir di sungai Tempuran Kelurahan Brotonegaran, Kecamatan Ponorogo setinggi pinggang orang dewasa. Dampaknya arus lalu lintas ditutup sementara.

5. Kecamatan Slahung
a. Banjir di Dukuh Broto, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo mengakibatkan jembatan Broto Desa Duri putus.
b. Plengsengan ambrol di Dukuh Dawang Desa Slahung, Kecamatan Slahung. Dampaknya tiga rumah terdampak dan penghuninya mengungsi.

6. Kecamatan Kauman
a. Terjadi Banjir di Desa Bringinan, Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo. Dampaknya sekitar Masjid Bringinan banjir setinggi 60 cm dan sebagian masuk pemukiman warga.

7. Kecamatan Jambon
a. Pohon Tumbang di Desa Blembem, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo mengakibatkan akses jalan ke Kecamatan Jambon tertutup. Namun saat ini jalan sudah kembali normal.

8. Kecamatan Bungkal
a. Pohon tumbang di Desa Pelem, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo mengakibatkan akses jalan desa tertutup. Namun saat ini akses jalan sudah kembali normal.

9. Kecamatan Mlarak
a. Banjir Dukuh Nglawu, Desa Jabung, Kecamatan Mlarak dengan ketinggian di bawah lutut orang dewasa.

10. Kecamatan Ngrayun
a. Tanah longsor di Desa Cepoko, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorono menyebabkan arus lalu lintas di Desa Cepoko ke Ngrayun ditutup sementara. (dwi/ipg)

SS TODAY LAINNYA

top