suarasurabaya.net

Unjuk Rasa Sidang Perdana Sengketa Hasil Pilpres 2019, Berlangsung Tertib
Laporan Muchlis Fadjarudin | Jumat, 14 Juni 2019 | 10:27 WIB

suarasurabaya.net| Unjuk rasa puluhan orang yang mengatasnamakan Gerakan Nasional Kedulatan Rakyat mewarnai Sidang perdana sengketa hasil pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), Jumat (14/6/2019).

Puluhan pengunjuk rasa ini mengenakan rompi warna kuning dan bendera berwarna kuning mirip simbol Universitas Indonesia (UI).

Mereka membawa spanduk dan papan bertuliskan tuntutan atas aksi unjuk rasa yang mereka lakukan.

"People Need Justice",itulah bunyi dari spanduk yang mereka bentangkan. "Selidiki dan Ungkap Penyebab Kematian lebih 600 petugas KPPS", demikian tulisan di papan yang mereka bawa.

Selain itu, mereka juga menuliskan di beberapa atribut yang mereka bawa yaitu pentingnya Pemilu yang jujur dan adil.

Unjuk rasa yang dilakukan Gerakan Nasional Kedulatan Rakyat ini berlangsung tertib. Jarak dari tempat pengunjuk rasa ke gedung MK sendiri sekitar 300 meter atau dekat patung Kuda mereka melakukan aksinya.

Sejauh ini pengamanan sidang sendiri cukup ketat atau 48 ribu personil yang melibatkan Polri dan TNI. Selain kendaraan taktis, barikade kawat berduri juga dipasang di sekitar gedung MK.

Sekadar diketahui, sidang perdana ini adalah gugatan dari Pemohon,yaitu Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Calon Presiden dan Calon Wakil
Presiden Nomor urut 2, terhadap penetapan hasil rekapitulasi Pemilu 2019 pada (25/5/2019) lalu.

Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang Pemeriksaan Pendahuluan di Ruang Sidang Pleno Gedung MK dengan agenda pemeriksaan kelengkapan dan kejelasan materi permohonan. (faz/rst)

SS TODAY LAINNYA

top