suarasurabaya.net

Polda Jatim Siagakan 3.500 Personel Amankan Aksi May Day Hari Ini
Laporan Dwi Yuli Handayani | Rabu, 01 Mei 2019 | 08:41 WIB

suarasurabaya.net| Polda Jawa Timur menyiapkan 3.500 personel untuk mengamankan aksi May Day di Surabaya, Rabu (1/5/2019) hari ini.

"Jadi kami menyiapkan 3.500 personel ini yang siap kapan saja untuk membantu pengamanan kalau dinamika di lapangan mulai tidak kondusif," kata Kombes Pol Frans Barung Mangera Kabid Humas Polda Jawa Timur.

Selain itu, kata Frans, di lapangan juga ada 2.500 personel yang melakukan pengawalan buruh dari Sidoarjo, Pasuruan, Gresik dan Mojokerto. Buruh yang dari luar Surabaya ini akan dikawal oleh anggota kepolisian dari masing-masing Polres.

"Kalau Polrestabes Surabaya ini kan otoritas dari pengamanan jadi mereka siapkan 1.200 personel dibantu 300 perseonal dari Polda Jatim," kata Barung pada Radio Suara Surabaya.

Untuk pola pengamanan, lanjut Barung, pihak kepolisian melakukan pengawalan dan pengamanan para buruh menuju titik aksi yakni Grahadi dan Kantor Gubernur.

"Titik lainnya yang juga perlu diwaspadai yakni Tugu Pahlawan dan titik berkumpul buruh," ujar dia.

Kata Barung, nantinya kegiatan May Day hari ini akan dilakukan di indoor dan outdoor. Namun kegiatan buruh di outdoor ini yang menjadi prioritas pengamanan karena aktivitas di jalan menuju lokasi aksi.

"Memang tidak semua melakukan kegiatan yang sama di jalan karena perusahaan masing-masing juga melakukan kegiatan di indoor seperti syukuran. Harapan kita yang menyuarakan kepentingan buruh di jalan ini tetap mengikuti arahan," ujarnya.

Karena, kata Barung, semalam sudah dilakukan kesepakatan antara pemerintah dan aparat keamanan terkait untuk mengamankan aksi May Day agar berjalan lancar.

"Siapapun yang bertemu rombongan buruh di jalan tenang saja dan lakukan aktivitas seperti biasa. Polda Jatim akan amankan dan untuk yang melakukan aksi tidak usah lakukan hal yang melakukan pelanggaran hukum. Kami mohon doa juga agar petugas TNI/Polri yang melakukan pengamanan agar berjalan lancar," pungkasnya. (dwi)

SS TODAY LAINNYA

top