suarasurabaya.net

  •  
  • Kembali  SS Today
  • Gonjang-Ganjing PPDB 2019

Bopda untuk Siswa SMP Swasta Surabaya akan Dihitung Per Rombel
Laporan Zumrotul Abidin | Sabtu, 22 Juni 2019 | 17:51 WIB

suarasurabaya.net| Eri Cahyadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya mengatakan, sekolah SMP Swasta tidak perlu khawatir nilai subsidi Bantuan Operasional Pendidikan (Bopda) untuk siswa akan terganggu, setelah Dispendik menerapkan PPDB Tambangan pagu. Sebab, penghitungan nilai Bopda tidak lagi per kepala, tapi dihitung per rombel (rombongan belajar).

"Misalnya, sekolah X sekelas 32 siswa, punya daya tampung 10 kelas, jadi dihitungnya langsung 320. Kalau satu kelas tidak terisi penuh 32 siswa, nilai BOPDA tidak berubah tetap pakai acuan rombel," ujar Eri, Sabtu (22/6/2019)

Eri berharap sekolah swasta tidak perlu risau dengan kebijakan penambahan pagu di sekolah negeri. Sebab, selama ini sekolah negeri dan swasta terus bersinergi dengan baik. Selain sekolah negeri, sekolah swasta juga sangat berperan bagi kemajuan pendidikan Surabaya.

"Kami yakin sekolah swasta akan semakin baik dan terus bersinergi dengan kita," ujarnya.

Eri menegaskan, penambahan pagu ini dilakukan karena memang jumlah sekolah di setiap zonasi tidak berimbang dengan jumlah penduduk atau siswa yang ada. Sebab, ada salah satu kawasan yang banyak penduduknya, tapi sekolahnya sedikit, sehingga hal itu menjadi masalah.

"Setelah kami sampaikan ke Kemendikbud. Alhamdulillah akan ada penambahan pagu, sehingga nanti akan kita hitung dan akan kita umumkan di website dan media," katanya. (bid)

SS TODAY LAINNYA

top