suarasurabaya.net

  •  
  • Kembali  SS Today
  • Pancasila Perekat Indonesia

Cinta Pancasila dan Tanah Air Wajib Jadi Semangat Setiap Orang Indonesia
Laporan J. Totok Sumarno | Sabtu, 01 Juni 2019 | 17:37 WIB

suarasurabaya.net| Mencintai Pancasila dengan sila-sila di dalamnya, serta menghargai Tanah Air Indonesia wajib menjadi spirit bagi setiap orang termasuk generasi milenial demi kemajuan dan kesejahteraan Indonesia di masa depan.

Itu disampaikan Agus Sukamto pelukis, dosen dan praktisi seni di Surabaya, Sabtu (1/6/2019) terkait dengan keberadaan Pancasila di peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni, ditengah suasana politik dan kemasyarakatan Indonesia saat ini.

"Pancasila itu kesepakatan bersama, tentunya juga harus dicintai bersama-sama. Pancasila dengan sila-sila di dalamnya menaungi segenap sendi kehidupan warga negaranya. Bukan semata-mata dipandang sekedar sebagai lambang negara semata. Ini penting dipahami oleh semua orang, termasuk generasi milenial," terang Agus Sukamto.

Agus berharap, Pancasila bisa kembali menjadi sesuatu yang diwujudkan pada kehidupan nyata setiap masyarakat di era saat ini, dengan memasyarakatkan konsep Bhineka Tunggal Ika.

"Indonesia itu terdiri dari berbagai suku, yang memang berbeda-beda, etnis berbeda, budayanya berbeda, bahasanya berbeda. Tetapi dengan Bhineka Tunggal Ika, dipersatukan. Dan dengan mencintai Pancasila, serta Tanah Air Indonesia, justru perbedaan itu sebuah kekuatan besar," kata Agus yang sempat tinggal di Prancis.

Pancasila, lanjut Agus, bisa dicintai dan menjadi bagian keseharian masyarakat melalui cinta Tanah Air. Mencintai segala kelebihan dan yang ada di negeri ini. Budayanya yang beragam, bahasanya yang juga beragam, hasil bumi, serta apapun yang menjadi kekayaan negeri ini.

"Jika kita mencntai segala yang ada di negeri ini, budayanya, etnisnya, keberagaman suku dan hal-hal lainnya, dengan dilandasi kecintaaan pada Pancasila, maka dengan pengelolaan serta inovasi yang benar, hal itu mewujudkan keunggulan negeri ini. Pancasila itu harga mati juga," ujar Agus.

Oleh karena itu, Agus mengingatkan setiap warga negara wajib hukumnya menjadikan Pancasila serta kecintaan pada tanah air Indonesia sebagi spirit bagi perjalanan hidup dan bergaul dengan masyarakat dilingkungan kecil maupun secara luas.

"Pancasila dan sila-sila serta filosofinya harusa masuk sampai ke dalam hari dan jiwa setiap orang Indonesia. Tidak boleh ada ideologi-ideologi lain yang justru menjadikan kecintaan pada Pancasila menjadi luntur. Ini harus dihindarkan. Pancasila tetap jadi satu-satunya ideologi bagi rakyat Indonesia," pungkas Agus Sukamto yang juga dikenal sebagai Agus Kucing ini.(tok/iss)

SS TODAY LAINNYA

top