suarasurabaya.net

  •  
  • Kembali  SS Today
  • Fenomena Bunuh Diri

SS Media Mencatat 15 Laporan Percobaan dan Kejadian Bunuh Diri di Surabaya Sejak Januari 2019
Laporan Ika Suryani Syarief | Rabu, 04 Desember 2019 | 10:07 WIB

suarasurabaya.net| Selama tahun 2019 hingga 4 Desember ini, Suara Surabaya Media mencatat ada 15 laporan percobaan dan kejadian bunuh diri di Kota Surabaya. Rinciannya, 3 laporan percobaan bunuh diri yang berhasil dicegah kerabat maupun petugas, 3 laporan bunuh diri tapi belum diketahui kondisi korbannya, dan sisanya 9 laporan bunuh diri yang korbannya sudah dipastikan meninggal dunia.

Berikut rincian laporan percobaan dan kejadian bunuh diri di Kota Surabaya dari pendengar dan pengakses Suara Surabaya Media sejak Januari 2019 sampai awal Desember 2019:

1. Pada 22 Januari 2019
Seorang mahasiswi ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di dalam kamar kosnya di Jalan Nginden Baru Gang IV Nomor 10, Surabaya sekitar pukul 19.00 WIB. Kompol Ibrahim Gani Kapolsek Sukolilo mengatakan, korban bernama Deviana Dwi Lestari Ranonto, usia 20 tahun, mahasiswi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, yang berasal dari Poso, Sulawesi Tengah.

2. Pada 24 Januari 2019
Seorang pria meninggal dunia bunuh diri dengan melompat dari atas di Hotel G-Suites Raya Gubeng, Surabaya, sekira pukul 01.40 WIB. Korban bernama Jesse Owen Wandoyo, usia 29 tahun, warga Sutorejo Utara, Surabaya.

3. Pada 25 Januari 2019
Seorang pria ditemukan meninggal dunia dengan cara gantung diri di sebuah rumah di kawasan Rangkah Rejo III No 14 Tambaksari, Surabaya. Korban atas nama Hendra Winata (38), yang diketahui tinggal seorang diri di rumah tersebut. Diduga, motif korban nekat mengakhiri hidupnya ini karena memiliki permasalahan dengan keluarganya.

4. Pada 26 Januari 2019
Suwarto, 78 tahun, ditemukan meninggal dunia karena bunuh diri dengan cara gantung diri menggunakan sarung di rumahnya di Banyu Urip, Surabaya. Korban diketahui sudah lama sakit. Korban melakukan aksinya saat sendirian di rumah.

5. Pada 21 Februari 2019
Muhammad Barul Ulum, usia 33 tahun, meninggal dunia dengan cara gantung diri dengan tali di dapur rumah orang tuanya, di Sidosermo Gang Langgar, Surabaya, pada pukul 18.30 WIB. Korban melakukannya karena rasa bersalah dan frustasi sudah sebulan tidak bisa membiayai anaknya, setelah dipecat dari pekerjaannya sebagai kurir di perusahaan roti rumahan. Korban diketahui sudah berpisah dengan istrinya.

6. Pada 24 Februari 2019
Hendrik Bambang Suwito, usia 37 tahun, ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di rumahnya, Jalan Lebo Agung, Surabaya. Jenazah korban ditemukan pada pagi hari, tak lama setelah ikut kerja bakti di kampungnya bersama warga. Setelah kerja bakti selesai, korban kembali ke rumah dan menghubungi keponakannya, memberitahu bahwa korban ingin bunuh diri.

7. Pada 22 Maret 2019
Seorang pendengar Radio Suara Surabaya melaporkan pada 21 Maret 2019 temannya mencoba bunuh diri Suramadu, tapi berhasil dicegah.

8. Pada 29 Maret 2019
Polisi mengabarkan ada seorang perempuan yang bunuh diri di depan Rumah Sakit Islam (RSI) Surabaya. Belum diketahui kondisi terakhir korban.

9. Pada 12 April 2019
Seorang pendengar Radio Suara Surabaya melaporkan ada orang bunuh diri di Gayungan.

10. Pada 15 Juli 2019
Seorang pendengar Radio Suara Surabaya melaporkan bahwa pada 25 Juni 2019 saudaranya gantung diri di rumahnya yang terletak di daerah Kapas Krampung, Surabaya. Korban diketahui sebagai orang yang pendiam. Lima hari sebelum bunuh diri korban sempat minta uang ke keluarga karena punya utang pinjaman online. Menurut korban, utangnya hanya Rp1 juta tapi membengkak jadi Rp5 juta. Pas sudah dibayar, ternyata masih ada Rp15 juta. Pihak keluarga baru mengetahui jumlah utang korban dari orang yang menagih.

11. Pada 22 Juli 2019
Seorang pendengar Radio Suara Surabaya melaporkan bahwa ada seorang pria yang berusaha menyelamatkan seorang perempuan yang mencoba bunuh diri dengan menabrakkan diri ke mobil yang lewat di Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Pelapor menduga kedua orang tersebut adalah sepasang suami istri.

12. Pada 26 Juli 2019
Seorang pendengar Radio Suara Surabaya melaporkan bahwa adik almarhum temannya bunuh diri di Candi Lontar, Surabaya. Korban mengalami depresi setelah kakaknya meninggal dunia.

13. Pada 25 Agustus 2019
Seorang pendengar Radio Suara Surabaya melaporkan ada seorang laki-laki sedang mencoba bunuh diri di tiang listrik KFC Basuki Rahmat Surabaya. Info ini langsung diteruskan Gate Keeper Suara Surabaya ke polisi.

14. Pada 3 Oktober 2019
Lasminah, warga Banyu Urip Wetan, Surabaya, usia 68 tahun, bunuh diri dengan melompat dari jembatan Rolak, Gunung Sari, Surabaya. Polisi menduga konflik keluarga menjadi pemicu korban nekat melompat ke sungai pada siang hari.

15. Pada 3 Desember 2019
Edwin Jaya Lowanto, usia 38 tahun, warga Dharmahusada Utara, Surabaya meninggal dunia setelah terjun dari lantai 4 ke lantai dasar Galaxy Mall 3, Surabaya, pada pukul 21.30 WIB. Dugaan sementara dari hasil olah tempat kejadian perkara, korban melakukan hal tersebut dengan tujuan untuk bunuh diri karena depresi.(iss/ipg)

B E R I T A    T E R K A I T
  • Sebelum Bunuh Diri, Edwin Diketahui Sering Berhalusinasi Dikejar-kejar Petugas Pajak
  • Pria Meninggal Dunia di Galaxy Mall 3, Diduga Bunuh Diri karena Depresi
  • Faktor Pendorong Seseorang Melakukan Bunuh Diri
  • SS TODAY LAINNYA

    top