suarasurabaya.net

  •  
  • Kembali  SS Today
  • Selamat Datang 2020

Catatan Akhir Tahun Tantowi Yahya Dubes Selandia Baru di 2019 ‎
Laporan Muchlis Fadjarudin | Rabu, 01 Januari 2020 | 08:25 WIB

suarasurabaya.net| Tantowi Yahya Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru mengatakan banyak peristiwa besar di 2019 yang menjadi kenangan manis yang pastinya masuk kedalam catatan sebagai perwakilan Republik Indonesia untuk Selandia Baru, Samoa dan Kerajaan Tonga.

Menurut Tantowi, saat terjadi penembakan WNI di Christchurch, pihaknya berhasil menangani dengan baik para korban tersebut.

"Dalam konteks perlindungan warga, kami berhasil menangani WNI korban penembakan di Christchurch 15 Maret, baik korban luka maupun meninggal semua tertangani dengan baik," ujar Tantowi, Rabu (1/1/2020).

Dalam bidang pendidikan, dengan dukungan Garuda Indonesia kata Tantowi, pihaknya berhasil menjadikan dua putri Papua lulusan sekolah penerbangan Nelson yakni Vanda Korisano dan Martha Itaar menjadi penerbang wanita Papua pertama maskapai nasional kebanggaan tersebut.

Selain itu, Tantowi menjelaskan kalau ekonomi juga menjadi misi penting keberadaan indonesia di luar negeri.

"Dengan berbagai inovasi dan kerja keras, untuk pertama kali kami berhasil membuat neraca perdagangan kita atau barang dan jasa surplus terhadap Selandia Baru," jelasnya.

Dari pariwisata, kata dia, jumlah wisatawan Selandia Baru ke Indonesia mengalami kenaikan drastis dari 100 ribu di 2018 menjadi 148 ribu 2019.

Tantowi mengatakan, kerjasama politik dengan Selandia Baru, Samoa dan Tonga juga mengalami peningkatan signifikan.

"Rasa saling pengertian semakin membaik. Kerjasama di bidang pertahanan dan keamanan semakin beragam. Hubungan dengan masyarakat Maori sebagai indigenous people sangat mesra. Mereka mengakui kemajuan pembangunan dan demokrasi indonesia. Mereka mengakui keutuhan wilayah NKRI dari Aceh sampai Papua," ujar Tantowi.

Cakupan perhatian kedubes Selandia Baru bukan hanya ke negara-negara akreditasi tapi juga negara-negara pasifik lainnya dalam rangka lebih menghadirkan Indonesia di kawasan ini sebagaimana harapan Menteri Luar Negeri dan Presiden.

"Alhamdulillah berkat dukungan perwakilan perwakilan RI di pasifik, event ekonomi terbesar kawasan ini Pasific Exposition 2019 telah terlaksana dengan sukses Juli lalu di Auckland," pungkas Tantowi.(faz/dwi/ipg)

SS TODAY LAINNYA

top