suarasurabaya.net

  •  
  • Kembali  SS Today
  • KPK Tangkap Bupati Sidoarjo

Saiful Ilah Ditangkap KPK, Elektabilitas Mas Iin Bisa Tergerus
Laporan Agung Hari Baskoro | Rabu, 08 Januari 2020 | 12:41 WIB

suarasurabaya.net| Elektabilitas Achmad Amir Aslichin alias Mas Iin, putra Saiful Ilah Bupati Sidoarjo bisa tergerus pasca ayahnya itu ditangkap KPK pada Selasa (7/1/2020) malam.

Ali Sahab Pengamat Politik Unair mengatakan, salah satu bakal calon Bupati itu bisa tergerus elektabilitasnya di kalangan pemilih rasional Sidoarjo.

"Saya yakin berpengaruh. Khususnya segmentasi pemilih rasional," ujar Ali pada Rabu (8/1/2020).

Namun, ia memberi catatan, jika penangkapan Saiful Ilah tersebut tidak akan mempengaruhi perilaku pemilih secara keseluruhan. Menurutnya, karakter pemilih Sidoarjo masih belum sepenuhnya rasional, seperti kebanyakan daerah lain.

"Dari sisi teori, masyarakat kita mayoritas masih belum rasional. Rasionalitasnya masih sebatas uang, diberi uang gitu. Sama macam-macam, uang, barang. Pengelompokan sosial, itu (juga) yang selama ini mayoritas di karakteristik pemilih kita. Salah satunya, kesamaan partai. Masih menonjol," jelasnya.

Ia juga turut berkomentar mengenai perilaku pemilih pada calon petahana, seperti Saiful Ilah yang telah menjabat bupati dua periode. Meski banyak kalangan mengatakan kinerja Saiful Ilah tidak terlalu bagus, nyatanya pejabat yang akrab dipanggil Abah Ipul itu mendapat suara lumayan besar di periode kedua.

"Menang mutlak. Rasionalitas dari segi uang, utilitas. Saya dapat apa memilih itu. Dari karakteristik masyarakat Sidoarjo, dikatakan pedesaan. Saiful Ilah punya tambak, macam-macam. Termasuk calon incumbent terkuat. Itu salah satu pertimbangan memilih seseorang, pas dengan karakter masyarakat Sidoarjo," katanya.


Tangkapan layar unggahan akun Facebook Achmad Amir Aslichin pada Selasa (7/1/2020) malam. Foto: Facebook

Ia mengatakan, meski elektabilitas akan turun, tapi putra anak Saiful Ilah itu masih memiliki kesempatan di Pilkada Sidoarjo 2020. Sejumlah nama juga dikabarkan meramaikan bursa calon Bupati Sidoarjo. Seperti Achmad Muhdlor Ali atau Gus Muhdlor putra KH Agoes Ali Masyhuri, Bambang Haryo Politisi Gerindra, Kelana Aprilianto Politisi Hanura, dan Azza Irene Mufia Politisi PAN.

"Saya yakin (Pilkada Sidoarjo 2020) ini akan lebih seru, pilkada nanti itu. Karena semua, selain gak ada incumbent, ada anaknya Gus Ali, anaknya Saiful Ilah, dibaliknya ada tokoh-tokoh besar itu," katanya.

Saat ini Achmad Amir Aslichin menjabat sebagai Ketua Fraksi PKB di DPRD Jawa Timur.(bas/iss/ipg)


SS TODAY LAINNYA

top