suarasurabaya.net

  •  
  • Kembali  SS Today
  • Rencana Ganti Nama Jalan Bung Tomo

Dua Alternatif Usulan Perubahan Nama Jalan Bung Tomo
Laporan Agung Hari Baskoro | Sabtu, 11 Januari 2020 | 14:12 WIB

suarasurabaya.net| Masyarakat Surabaya yang terdiri dari keluarga Bung Tomo dan pegiat sejarah Kota Surabaya memiliki dua usulan terkait rencana perubahan nama Jalan Bung Tomo yang terletak di daerah Ngagel, Surabaya.

Usulan pertama yaitu tetap mempertahankan nama jalan Bung Tomo di daerah Ngagel.

Bambang Sulistomo putra Bung Tomo mengatakan, jika Tri Rismaharini Walikota Surabaya menginginkan menamai Jalur Lingkar Luar Barat (JLLB) dengan nama Bung Tomo, jalan tersebut bisa menggunakan nama Jalan Stadion Gelora Bung Tomo. Seperti diketahui, proyek JLLB yang saat ini masih dikerjakan tersebut memang berada di sekitar Gelora Bung Tomo (GBT).

Sebelumnya, Risma mengatakan, jika usulan pemindahan ini murni untuk menghormati dan menghargai jasa pahlawan. Sebab, jalan Bung Tomo yang sekarang panjangnya hanya 500 meter.

"Kita berterima kasih atas prakarsa Bu Risma seperti itu. Kita keluarga Bung Tomo kan harus lihat perjuangan warga Surabaya pada saat itu ingin Bung Tomo diberi gelar Pahlawan Nasional. Warga surabaya, Cak Narto (Walikota Surabaya saat itu, red) juga, ini agar Bung Tomo diberikan nama jalan ini dulu. Biar (di kemudian hari, red) jadi Pahlawan Nasional," ujar Bambang.

Seperti diketahui, Jalan sepanjang kurang lebih 500 meter itu ditetapkan pada tahun 2000. Saat itu, Bung Tomo belum ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional. Bung Tomo baru ditetapkan menjadi Pahlawan Nasional pada tahun 2008.

Opsi kedua yang ditawarkan yaitu mengganti nama Jalan Bung Tomo menjadi Jalan Makam Bung Tomo. Sedangkan, untuk JLLB yang berada di Kecamatan Benowo bisa menggunakan nama Jalan Bung Tomo. Seperti diketahui, di tempat itu, Bung Tomo memang dimakamkan.

"Jadi saya kira tidak perlu diganti Jalan Kencana. Kalau misal itu, kalau walikota ingin menamakan Jalan Bung Tomo di jalan besar itu (JLLB, red), ya ini (Jalan Bung Tomo sekarang, red) ditambah jalan makam bung tomo, gitu aja gak masalah. Bukan diubah, ditambah," jelasnya.

Hingga saat ini, usulan Pemkot Surabaya yang masuk ke Pansus perubahahan nama jalan di DPRD Surabaya masih menyebutkan nama Jalan Bung Tomo akan diubah menjadi Jalan Kencana.

Ibnu Shobir Anggota Pansus Perubahan Nama Jalan DPRD Surabaya mengaku akan menerima usulan-usulan tersebut sebagai bahan pertimbangan. Hingga saat ini, belum ada keputusan dari pansus terkait usulan perubahan beberapa nama jalan di Kota Surabaya.(bas/tin/ipg)

B E R I T A    T E R K A I T
  • Pemerhati Sejarah: Jalan Mundur Jika Nama Jalan Bung Tomo Diganti Kencana
  • Pansus Belum Tau Alasan Pemilihan Nama Kencana untuk Gantikan Jalan Bung Tomo
  • Keluarga Bung Tomo Keberatan Jalan Bung Tomo Diganti Jalan Kencana
  • SS TODAY LAINNYA

    top