suarasurabaya.net

  •  
  • Kembali  SS Today
  • Hujan Deras, Surabaya Banjir

Cegah Banjir, Netter e100 Ajak Warga Surabaya Tidak Buang Sampah Sembarangan
Laporan Ika Suryani Syarief | Sabtu, 01 Februari 2020 | 22:11 WIB

suarasurabaya.net| Netter e100 mengajak warga Kota Surabaya untuk ikut mencegah banjir dengan cara tidak membuang sampah sembarangan. Ajakan ini sekaligus untuk merespon sejumlah netter yang selalu menghubung-hubungkan banjir dengan isu politik.

Aulia Rachmad menulis, "Mugo-mugo warga Surabaya slamet, sehat, gampang rejekine kabeh. Monggo podo-podo dijogo daerah e, saling mengingatkan kalo ada yang buang sampah sembarangan, mbasio pemkot e wis maksimal kerjo, lak wargane ngguwak sampah panggah ngawur, yo isok banjir."

"Wis gak usah nyalahno sopo-sopo lur, curah hujan mulai kemarin memang sedang tinggi. Supaya banjir cepat surut, lek buang sampah ojo sembarang tadi saya tahu sendiri di daerah Banyu Urip pasukan kuning oleh sampah sak truk tekan kali," tulis Deddy Prasetyo.

Himawan Nugroho, netter lainnya, lantas mengajak warga kota untuk introspeksi diri daripada membully. "Masih ada yang buang sampah sembarangan nggak? Ada yang masih buang sampah ke kali nggak? Ada yang buang sampah di jalan hanya dengan buka kaca mobil nggak? Ada yang masih buang puntung rokok dan bungkus plastik es atau plastik bekas makan pentol di jalan nggak? Kalau masih, monggo sama-sama instropeksi diri. Orang luar daerah yang gak lihat kondisi langsung, gak usah ikut menghujat dan mem-bully daerah lain. Sama saja, warga lain juga marah pemimpinnya dihujat warga luar daerah. Ada musibah mestinya ikut prihatin dan tidak usah saling menyalahkan. Jika saling hujat tidak akan ada habisnya."


Pada Sabtu (1/2/2020) pagi, tim lapangan PU Bina Marga membersihkan limbah minyak jelantah yang menyebabkan saluran air di Jalan Prof. Mustopo buntu. Foto: Humas Pemkot Surabaya

Di antara, ratusan komentar, ada juga netter yang tetap bersyukur meski rumahnya kebanjiran. "Kemarin rumahku ya banjir lur hampir sepaha tapi lekas surut..aku yo gak nyalahno sopo-sopo pancen wis wayahe banjir..belakang rumah sungai dan rumahku paling rendah dari rumah tetangga yg lain jadine aire lari ketempatku semua...aku yo gak nyalahno sopo-sopo.. wis wayae banjir..disyukuri ae cepet surut," tulis Maya, netter e100.

Fika Istiqomah, netter lain, menyemangati warga Kota Surabaya yang mungkin masih harus menghadapi hujan deras sampai beberapa hari ke depan. "Stay strong buat warga Surabaya, sesuai prakiraan BMKG Surabaya akan diguyur hujan dengan intensitas tinggi berturut-turut," tulis dia.(iss)

SS TODAY LAINNYA

top