suarasurabaya.net

  •  
  • Kembali  SS Today
  • Mengurai Padat Surabaya Barat

Proyek SPAM Umbulan di Citra Raya Unesa Ditarget Selesai Awal Maret 2020
Laporan Agung Hari Baskoro | Senin, 10 Februari 2020 | 07:27 WIB

suarasurabaya.net| Pengerjaan Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan di jalan Citra Raya Unesa, Surabaya ditarget selesai awal Maret 2020.

Yan Kuryana Wiriadipura Project Director SPAM Umbulan dari PT Meta Adhya Tirta Umbulan mengatakan, saat ini proyek tersebut masih menyisakan rekondisi jalan di Citra Raya Unesa dan jalur Taman Puspa Raya (TPR).

"Rencana selesai rekondisi jalan awal Maret 2020," ujar Yan saat dikonfirmasi oleh suarasurabaya.net.

Pengerjaan rekondisi jalan pasca pemasangan pipa ini, bukan tanpa dampak. Beberapa hari belakangan, pada jam-jam padat seperti pagi dan sore, kemacetan bisa mengekor panjang hingga di Jalan Mayjen Yono Soewoyo.

"(Kami) Berusaha sebaik dan secepat mungkin untuk menyelesaikan pekerjaan perbaikan, walaupun musim hujan agak menghambat pekerjaan perbaikan ini dan waktu pengerjaan yang terbatas untuk mencegah kemacetan," jelasnya.

Rekondisi jalan pasca pemasangan pipa dalam proyek SPAM Umbulan sebenarnya bukan yang pertama kalinya. Rekondisi seharusnya sudah rampung pada Bulan November 2019 lalu.

Yan Kuryana Wiriadipura Project Director SPAM Umbulan dari PT Meta Adhya Tirta Umbulan mengatakan, rekondisi jalan diulang karena rekondisi sebelumnya tidak memuaskan.

"Yang pertama agak dilakukan mendesak dan hasilnya tidak memuaskan, bukan hanya untuk Unesa dan Citraland, tetapi memang kewajiban kami mengembalikan kondisi jalan seperti semua atau lebih baik," kata Yan.

Ia berharap, masyarakat yang merasakan kemacetan di wilayah tersebut bisa memahami tujuan yang lebih besar dari pembangunan ini. Ia mengatakan, proyek air bersih yang membentang dari Pasuruan ke Gresik memiliki manfaat besar.

"Setiap pembangunan apa saja, pasti timbul gangguan, ada dampak, ada ketidak nyamanan. Tetapi orang harus mengerti bahwa air minum atau air bersih adalah kebutuhan premium manusia. Menurut saya gangguan pun tidak lama jika dibandingkan dengan gangguan akibat pembangunan jalan layang tol Jakarta-Karawang Barat yang bertahun-tahun menimbulkan kemacetan. Tapi kemudian orang berharap, bahwa jika jalan layang tol sudah selesai dan bisa digunakan, Jakarta-Bandung akan bisa ditempuh hanya 2 jam," kata Yan.

"Orang di kota Surabaya, Gresik, Sidoarjo dan Pasuruan bisa juga berharap hal yg sama, bahwa dalam waktu tidak lama lagi, mereka bisa menikmati air minum atau air bersih dengan kualitas premium dari mata air Umbulan," lanjutnya.

Sebagai informasi, Proyek SPAM Umbulan adalah proyek penyediaan air minum dari mata air Umbulan untuk masyarakat di beberapa kota, mulai dari Kota dan Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik.

Proyek ini diperkirakan akan mengcover kebutuhan 1,4-1,5 juta orang. Proyek ini sebenarnya telah digagas pemerintah sejak tahun 80an dan baru bisa direalisasikan tahun 2016. Pelaksanaan fisik dimulai pada Juli 2017 dan diperkirakan akan selesai pada Maret 2020. (bas/ang/rst)



B E R I T A    T E R K A I T
  • Hujan Jadi Kendala Rekondisi Jalan Proyek SPAM Umbulan
  • Rekondisi Jalan Proyek SPAM Umbulan di Citra Raya Unesa Bikin Macet
  • Jalan Kampus Unesa Macet, Dampak Pengerjaan Proyek
  • Butuh Seperempat Jam Keluar dari Kemacetan Jalan Kampus Unesa
  • SS TODAY LAINNYA

    top