suarasurabaya.net

PENS Gelar UMPN 2019
Laporan J. Totok Sumarno | Sabtu, 22 Juni 2019 | 17:01 WIB

Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) se Indonesia tahun 2019 juga digelar PENS. Foto: Istimewa
suarasurabaya.net| Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Sabtu (22/6/2019) menggelar Ujian Masuk Politeknik Negeri Se Indonesia (UMPN 2019) dan dilaksanakan serentak, di Kota Surabaya digelar di kampus PENS.

UMPN merupakan satu diantara seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan serentak oleh 42 politeknik negeri seluruh Indonesia.

Hingga hari terakhir pendaftaran, jumlah total peserta yang mengikuti UMPN di PENS mencapai 3.506 peserta, yang tersebar di 114 lokasi tes.

Tahun ini PENS menerima separuh dari 750 kuota mahasiswa baru melalui jalur UMPN.

"Dari seleksi PMDK PN diambil 30%, UMPN diambil 50%. Sisanya akan terpenuhi dari hasil seleksi Simandiri (seleksi mandiri) yang dijadwalkan bakal digelar nanti pada bulan Juli 2019 mendatang," terang Dr. Indra Adji Sulistijono, Wakil Direktur Bidang Akademik PENS, Sabtu (22/6/2019).

Peserta UMPN PENS 2019, sesuai catatan berasal dari berbagai wilayah kota di Indonesia, satu diantaranya adalah Aditya yang berasal dari kota Medan, Sumatera Utara. Aditya bercita-cita menjadi seorang pengembang game sehingga rela menempuh jarak jauh untuk mengikuti seleksi di PENS Surabaya.

"Guru dan orang tua menyarankan agar saya mendaftar program studi D4 Teknologi Game yang ada di PENS. Menurut saya PENS adalah kampus yang penuh inovasi serta mahasiswanya sering meraih juara di berbagai kompetisi-kompetisi modern," papar Aditya.

Sementara itu, dibandingkan dengan tahun lalu, penyelenggaraan ujian masuk Politeknik Negeri (UMPN) tahun 2019 berbeda. Tahun ini, peserta UMPN PENS 2019 diwajibkan mengikuti tes skolastik.

Setelah mengikuti tes skolastik, peserta diberi waktu 150 menit untuk mengerjakan sejumlah soal, yang terbagi dalam empat bidang. Ke empat bidang itu adalah: Matematika, Fisika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Dijadwalkan untuk pengumuman hasil seleksi UMPN 2019 akan diumumkan pada Jumat (28/6/2019) di laman resmi PENS.(tok)
top