suarasurabaya.net

Tutup Ritech Expo 2019, JK Kunjungi Booth-Booth Inovasi
Laporan Agung Hari Baskoro | Rabu, 28 Agustus 2019 | 12:46 WIB

Di booth milik ITS, Jusuf Kalla disambut langsung oleh Prof. Mochamad Ashari Rektor ITS di ajang Ritech Expo 2019 di Lapangan Puputan, Renon, Denpasar, Bali, Rabu (28/8/2019). Foto: Baskoro suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Jusuf Kalla (JK) Wakil Presiden Republik Indonesia menutup secara resmi gelaran Ritech Expo 2019 di Lapangan Puputan, Renon, Denpasar, Bali pada Rabu (28/8/2019) pagi.

Didampingi Mohamad Nasir Menristek Dikti dan Wayan Koster Gubernur Bali, JK juga menyempatkan berkunjung ke beberapa booth inovasi yang ada di lokasi pameran.

Pantauan suarasurabaya.net, JK sempat mengunjungi beberapa booth, seperti milik Pindad dan ITS. Di tiap-tiap booth, JK bertanya tentang inovasi yang dikembangkan institusi bersangkutan.

Di booth milik ITS, JK disambut langsung oleh Prof. Mochamad Ashari Rektor ITS. Di sana, Rektor ITS itu memperkenalkan desain kereta api besutan ITS dan Robot otomatis Ichiro.


Jusuf Kala Wapres di booth ITS diperkenalkan desain kereta api besutan ITS dan Robot otomatis Ichiro. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Robot ini telah beberapa kali memenangkan kejuaraan internasional, salah satunya pada kompetisi Robocup Humanoid Soccer League kategori Teen Size Technical Challenge yang digelar di Sydney, Australia tahun ini. Menyambut kedatangan JK, robot Ichiro menunjukkan kepiawaiannya menendang bola.

Sebelumnya, dalam sambutan, JK mengatakan, kemajuan selalu berdasar pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Ilmu pengetahuan teknologi tidak berarti semuanya berbicara IT tentunya. Tapi setiap inovasi yang dapat meningkatkan nilai tambah," ujar JK pada Rabu (28/8/2019).

Bagi JK, teknologi harus mampu memberikan efisiensi lebih tinggi dari sebelumnya. Tak hanya itu, inovasi teknologi juga harus membuat sesuatu menjadi lebih murah.

"Atau menjadikan yang lebih produktif daripada sebelumnya. Itulah inovasi yang baik," katanya.

Sebagai informasi, Ritech Expo 2019 menjadi bagian perayaan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2019. Gelaran ini merupakan ajang pameran hasil riset dan inovasi karya anak bangsa. Ritech Expo 2019 diadakan selama empat hari, mulai Minggu (25/8/2019) hingga Rabu (28/8/2019). (bas/ipg)
top