suarasurabaya.net

Belajar Jurnalisme Umum di Suara Surabaya Muda
Laporan Denza Perdana | Sabtu, 17 Maret 2018 | 09:44 WIB

Kawan Muda Suara Surabaya Media angkatan pertama, terdiri dari 25 pelajar, dari lima SMA/SMK di Surabaya bertemu lagi di kampung media Suara Surabaya, Sabtu (17/3/2018). Foto : Totok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Kawan Muda Suara Surabaya Media angkatan pertama, yang terdiri dari 25 pelajarcdari lima SMA/SMK di Surabaya, bertemu lagi di kampung media Suara Surabaya, Sabtu (17/3/2018).

Mereka mengikuti workshop kedua program Suara Surabaya Muda yang terdiri dari tiga sesi materi.

Perlu diketahui, angkatan pertama Kawan Muda Suara Surabaya ini sudah mengikuti kegiatan workshop 10 Februari lalu.

Kalau di workshop sebelumnya mereka belajar tentang jurnalistik dasar, teknik fotografi, dan teknik announcing atau penyiaran, kali ini mereka akan belajar tentang jurnalisme umum, video berita, juga belajar bagaimana sehat bermedia sosial.

Pada sesi pertama ini, 25 kawan muda suara Surabaya sedang belajar tentang Jurnalisme Dasar bersama Errol Jonathans Direktur Utama Suara Surabaya Media.

Mereka akan mengetahui tentang bagaimana praktik jurnalisme secara umum dari sejarah sampai perkembangannya di masa sekarang.

Errol Jonathans mengajarkan bagaimana menentukan nilai berita dari beberapa pilihan berita dalam sebuah rapat redaksi sebagai bagian dari agenda setting sebuah praktik jurnalisme umum.

Para peserta diajak untuk memilih beberapa topik berita dengan berbagai tema, kemudian mengurucutkannya dari yang paling penting dan menarik, sampai yang paling tidak menarik.

"Ini bagian dari keredaksian untuk menentukan topik mana yang paling penting dikerjakan, sesuai dengan segmen medianya. Kalau medianya lebih banyak menyasar anak muda, tentu topik politik tidak terlalu menarik bagi mereka," katanya.

Terlihat para pelajar ini sangat antusias mengikuti sesi pertama. Sebagian dari mereka sudah datang sejak pukul delapan tadi di Kampung Media Suara Surabaya.

Nanti pada sesi berikutnya, mereka akan belajar tentang video berita. Tentang bagaimana menyusun naskah video, teknik dasar pengambilan gambar video, sampai proses editing.

Lalu pada sesi terakhir, mereka akan mengikuti materi tentang bagaimana sehat bermedia sosial. Materi ini penting seiring perkembangan dunia internet dan media sosial di mana banyak sekali tersebar berita-berita hoaks.

Suara Surabaya Muda atau SS Muda adalah program pemberdayaan kreativitas pelajar SMA/SMK/MA di Surabaya, terutama dalam bidang Jurnalistik. (den/tna/rst)
top