suarasurabaya.net

Mahasiswa IAIN Jember Kunjungi SS untuk Belajar Kembangkan Radio Kampus
Laporan Agustina Suminar | Kamis, 26 Desember 2019 | 12:59 WIB

Puluhan mahasiswa IAIN Jember mengunjungi Radio Suara Surabaya, Kamis (26/12/2019). Foto: Aji Suara Surabaya
suarasurabaya.net| Suara Surabaya Media kedatangan puluhan mahasiswa dari prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, pada Kamis (26/12/2019) pagi. Kunjungan 28 mahasiswa ini bertujuan untuk melihat langsung proses produksi siaran di Radio Suara Surabaya.

Geby (20) salah satu mahasiswi mengatakan, nantinya pengalaman dan pengetahuan yang didapat dari kunjungan ini akan diterapkan ke radio kampus yang ada di IAIN Jember.

"Karena di kampus kita kan ada radio, kita pengen ngaktifin radio untuk teman-teman mahasiswa," katanya saat siaran singkat dengan Bintang, penyiar Radio Suara Surabaya.

Rombongan mahasiswa ini dibagi menjadi 2 kelompok. Setelah itu, mereka diajak berkeliling ke berbagai divisi yang ada di Suara Surabaya Media.

Pertama, rombongan menuju ruang gatekeeper. Di sana, mereka diterima oleh Bian salah satu petugas gatekeeper (GK), tentang apa saja job desc GK dalam menerima berbagai laporan dari pendengar. Selain itu juga bagaimana dengan tanggap menerima laporan pendengar dan mengoordinasikan ke penyiar maupun ke News Room.

"Jadi kita di sini tugasnya menerima menerima laporan, jadi sebelum pendengar on air ke radio, harus lewat kita dulu mereka mau ngomong soal apa," jelasnya.

Sembari kelompok pertama ke ruang Gatekeeper, kelompok lainnya mengunjungi News Room. Di sana, rombongan dijelaskan pentingnya update berita dan memilah media, yang beritanya akan dijadikan bahan siaran.

Selain tentang memilih konten berita, Ayu dan Fany salah satu petugas newsroom juga menjelaskan pentingnya berkolaborasi dengan kanal media lain, untuk mengembangkan segmentasi pendengar radio.

"Dulu SS terkenal sebagai radio tua, senior, tapi sekarang Alhamdulillah SS kemasannya sudah mulai muda baik dari sisi program atau lagu. Lagu yang diputar sudah tidak Top 40. Kalaupun ada lagu lama ada program sendiri, namanya Memorabilia," papar Ayu.

Setelah itu, mereka diajak ke ruangan New Media, yang mana konten radio tidak hanya dalam bentuk berita siaran, namun juga berita tulis maupun video grafis.

Saat mengunjungi ruangan New Media, rombongan diterima langsung oleh Iping Supervisor New Media. Iping mengenalkan tiga media yang ada di New Media, yakni suarasurabaya.net, sosial media dan produk audio visual yang unggah di kanal sosial media SS baik facebook, twitter, instagram, dan youtube.

Beberapa dari peserta kunjungan bahkan menanyakan langsung tentang proses audio visual yang ada di New Media. Hal ini selaras dengan tujuan kunjungan ini diadakan, salah satunya untuk belajar mengkolaborasikan konten radio dengan berbagai kanal media online, untuk menggaet lebih banyak pendengar usia muda.

"Kita ingin mempersuasi audience, karena sekarang radio dan industri 4.0 ini mulai susah, jadi harus benar-benar diimbangi agar eksistensi radio tetap ada," tambah Geby.(tin/ipg)
top