suarasurabaya.net

Napak Tilas M. Jasin Disambut Upacara di Mapolrestabes Surabaya
Laporan Zumrotul Abidin | Kamis, 21 Januari 2016 | 18:13 WIB

Pasukan Brimob salah satu rombongan napak tilas pembawa foto Muhammad Jasin pahlawan Nasional dari Polisi saat upacara penyambutan. Foto: Abidin suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Tim napak tilas Komjen Pol Muhamad Jasin Pahlawan Nasional yang melakukan perjalanan dari Madiun menuju Surabaya sejak Senin (18/1/2016), akhirnya sampai di Mapolrestabes Surabaya, Kamis (21/1/2016) sore. Sepanjang jalan Pahlawan, rombongan juga mendapat sambutan hangat dari para pelajar.

Setelah sampai di Mapolrestabes, rombongan napak tilas disambut dengan upacara "Penyambutan Peserta Napak Tilas Perjuangan Pahlawan Nasional Komjen Pol Muhammad Jasin".

Kombes Pol Iman Sumantri Kapolrestabes Surabaya sebagai inspektur upacara , menerima penyerahan bendera Merah Putih, bendera Tribrata, bendera Pataka, dan dokumen sejarah Komjen Pol Muhamad Jasin dari Tim napak tilas.

Dalam pidatonya, Iman Sumantri mengatakan, napak tilas ini digelar oleh Polda Jatim untuk mengenang kepahlawanan Kombes Pol Muhammad Jasin sebagai Polisi Istimewa di masa Jepang hingga berubah menjadi Polri di masa Kemerdekaan.

"Kiprah Muhammad Jasin sangat banyak. Beliau juga menjadi bagian dari perebutan kemerdekaan hingga Surabaya menjadi kota heroik," ujar Kombes Pol Iman Sumantri Kapolrestabes Surabaya.

Muhammad Jasin juga berperan dalam perebutan senjata dengan tentara Jepang di Jalan Tidar Surabaya dan pengepungan markas senjata Jepang di Jl Pahlawan. "Pada tahun 1948, beliau juga ikut memberantas pemberontakan PKI di Madiun," katanya.

Selain berkiprah di polisi, Muhammad Jasin juga pernah menjadi Dewan Pertimbangan Agung MPRS dan Duta Besar Indonesia di Tanzania. Hingga kemudian, almarhum dianugerahi sebagai pahlawan Nasional pada 4 November 2015 lalu.

"Napak tilas sejarah perjuangan Polri ini pertama kali digelar. Rencananya akan digelar setiap tahun," ujarnya.(bid/dwi)

Teks Foto:
- Kombes Pol Iman Sumantri Kapolrestabes Surabaya sebagai inspektur upacara menuangkan air kendi ke salah satu peserta napak tilas Pahlawan Nasional M Jasin. Foto: Abidin suarasurabaya.net

B E R I T A    T E R K A I T
  • Napak Tilas Perjuangan Komjen M. Jasin Disambut Pelajar
  • top