suarasurabaya.net

Kunci Sukses Pelajar: Hormati Guru Sayangi Teman
Laporan J. Totok Sumarno | Jumat, 22 Januari 2016 | 13:15 WIB

Iksan bersama siswa dan pengajar sekolah Dharma Mulya. Foto: Totok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Kunci keberhasilan dan kesuksesan pelajar di tengah persaingan ketat dunia pendidikan saat ini bukan hanya belajar saja, tetapi selalu hormat pada guru dan menyayangi sesama teman juga menjadi bagian penting agar mampu bersanding dengan sesama pelajar dari negera lain.

"Kalau pelajar rajin belajar itu wajib, dan harus dilakukan semua pelajar. Juga selalu hormat pada guru dan menyayangi sesama teman. Itu niscaya akan mendorong pelajar menjadi lebih percaya diri dalam persaingan dengan sesama pelajar dari negara-negara lain," terang Iksan Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya saat menghadiri Dharma Mulya Book Party 2016 peluncuran beberapa judul buku karya para siswa SD, SMP dan SMA Kristen Dharma Mulya, Jumat (22/1/2016).

Dengan rajin belajar, lanjut Iksan, pelajar akan mempunyai kesempatan untuk menikmati berbagai ilmu pengetahuan dari berbagai sumber yang ada. Hal itu penting dilakukan agar pelajar tidak ketinggalan perkembangan ilmu pengetahuan.

Menghormati guru dan selalu menyayangi sesama teman sepatutnya dimaknai dan dilakukan. Karena guru hanya berharap keberhasilan kepada murid-muridnya.

"Keinginan setiap guru adalah melihat dan menyaksikan murid-muridnya sukses. Dan karenanya, selalu menghormati guru adalah hal penting yang sepatutnya dilakukan siswa. Juga menyanyangi teman menjadi bermakna karena di masa depan nanti teman dan kawan itu punya arti penting," kata Iksan.

Menyinggung dimulainya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Iksan mengingatkan bahwa pelajar tidak boleh ketinggalan dan harus ikut mempersiapkan diri memasuki persaingan dunia global.

"Kalian harus mempersiapkan diri lebih matang. Jangan lagi menunda-nunda pekerjaan. Kalau memang waktunya belajar, segera lakukan. Kita akan memasuki persaingan global di MEA, belajar harus lebih rajin," ujar Iksan.(tok/dwi)
top