suarasurabaya.net

Buron Pembobol ATM Gunakan Paku untuk Melepas Borgol
Laporan Zumrotul Abidin | Jumat, 22 Januari 2016 | 20:27 WIB

Tersangka spesialis pembobol ATM di berbagai daerah saat di Mapolrestabes Surabaya. Foto: Abidin suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Pelarian Susilo Hadi Hermansyah (51) asal Komplek Puri Serpong Tangerang Selatan‎, tersangka spesialis pembobol ATM yang sempat kabur dari Polsek Dukuh Pakis akhirnya terhenti. Susilo berhasil ditangkap kembali oleh Unit Jatanras Satreskrim Polrestabes Surabaya di rumah istrinya, Yayuk Fitri (48) di Jember Jawa Timur.

Kompol Lily Djafar Kasubbag Humas Polrestabes Surabaya menceritakan perjalanan aksi residivis spesialis pembobol ATM ini. Kejadian bermula pada 16 Januari 2015 lalu, tersangka bersama istrinya membobol ATM BRI Spazio, Jalan Mayjen Yonosoewoyo Kavling 3 Surabaya. Tersangka berhasil ditangkap anggota Polsek Dukuh Pakis, saat masih berada di mesin ATM.

Dalam aksi pembobolan, istri tersangka berperan mengawasi dari dalam mobil. Sebelum masuk mobil, Yayuk sempat terekam CCTV berada di depan bilik ATM. "Mengetahui suaminya ditangkap polisi, istri tersangka langsung kabur ke Jember. Sementara tersangka dibawa ke Polsek Dukuh Pakis," ujar Kompol Lily di Mapolrestabes Surabaya, Jumat (21/1/2015).

Saat penyidik menggali keterangan dari pada saksi, Susilo yang berada di ruang terpisah tanpa kawalan polisi, berhasil kabur dengan menjebol atap plafon ruang penyidik. Setelah itu, Susilo berhasil melepaskan borgol di tangannya dengan paku yang dia dapat dari atap plafon. Caranya, dia memasukkan paku dengan panjang 5 centi ke lubang kunci borgol dan membenturkannya ke kayu hingga terbuka.

"Tersangka kemudian pergi ke Terminal Bungurasih menggunakan ojek. Kemudian naik bus jurusan Surabaya-Banyuwangi, dan turun di Jember. Tersangka tidak langsung pulang ke rumah istrinya, tapi menginap di hotel lebih dahulu," kata Lily.

Tak mau kecolongan lagi, tim buser dari Unit Jatanras Polrestabes Surabaya terus melakukan pengintaian terhadap tersangka di sekitar rumah Yayuk. Begitu tersangka pulang, polisi langsung menyergap tersangka bersama istrinya.

"Tersangka masih sempat kabur lagi. Bahkan dia berhasil melepaskan diri dari borgol lagi. Karena melawan petugas maka terpaksa kaki kanan tersangka dilumpuhkan dengan timah panas setelah diberi tembakan peringatan," kata Lily.

Di hadapan penyidik, Susilo mengaku masih memiliki uang saat kabur. Menurutnya ada sebagian uang Rp 300 ribu yang terselip di sakunya yang belum sempat disita polisi. "Masih ada uang sisa di saku," katanya.(bid/ipg)

Teks Foto:
- Susilo Hadi Hermawan (tengah) pelaku pembobol ATM Spazio yang melarikan diri dari Polsek Dukuh Pakis, berhasil ditangkap anggota Jatanras.
Foto : Bruriy/Dok. suarasurabaya.net


B E R I T A    T E R K A I T
  • Bermodal Obeng, Tersangka Menguras Isi ATM
  • Pembobol ATM yang Melarikan Diri Dihadiahi Timah Panas
  • Buron Pembobol ATM, Berhasil Ditangkap
  • top