suarasurabaya.net

Bermodal Obeng, Tersangka Menguras Isi ATM
Laporan Zumrotul Abidin | Jumat, 22 Januari 2016 | 20:37 WIB

Tersangka sepesialis pembobol ATM saat di Mapolrestabes Surabaya. Foto: Abidin suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Susilo Hadi Hermansyah (51) tersangka spesialis pembobol ATM yang ditangkap Unit Jatanras Satreskrim Polrestabes Surabaya, menceritakan tekniknya dalam membobol ATM. Dia mengaku belajar cara membobol ATM dengan cepat ke teman satu sel asal Brunai Darussalam di Rutan Kerobokan Bali.

Di hadapan Polisi, Susilo bercerita bahwa sebelum beraksi, dia mencoba merekayasa CCTV di dalam ATM dengan menyemprotkan cat. Dia memanjat tong sampah yang ada di dalam ATM untuk menjangkau CCTV.

Setelah CCTV berhasil dibereskan, Susilo mulai memasukkan ATM miliknya dan melakukan transaksi menarik uang Rp 100 ribu pecahan Rp 50 ribu. Begitu uang keluar, dia langsung mengganjal lubang uang di mesin ATM dengan obeng agar terus terbuka.

"Setelah itu obeng saya tarik berbarengan transaksi uang Rp 1.250.000, hingga 14 kali transaksi. Karena berhasil menguras isi ATM tanpa kehilangan saldo, saya coba teruskan lagi dan ternyata ATM macet. Lalu saya cabut kabel mesinnya untuk merestart ulang," kata Susilo pada penyidik.

Karena menunggu loading mesin ATM terlalu lama, aksi tersangka dicurigai satpam dan dilaporkan ke Polisi. Tersangka berhasil diamankan polisi saat itu juga.

Susilo mengaku, jika keahliannya membobol ATM dipelajari dari teman satu selnya di Lapas Kerobokan, Bali Tahun 2013 silam. "Dia orang Brunai. Saya waktu itu ditahan karena mencuri uang Rp 80 juta di ATM yang ada di Bali," katanya.

Keluar dari Lapas Kerobokan, Susilo mencoba ilmu barunya yang didapat dari teman satu selnya itu. Dia mempraktikkannya di mesin ATM yang ada di Tangerang. "Saya berhasil mengambil uang Rp 18 juta. Tapi saya ketangkap dan ditahan di Rutan Jambe Tangerang Tahun 2014," katanya.

Setelah bebas dari Rutan Jambe Tangerang, tersangka mencoba peruntungan di Surabaya. Bersama istrinya, tersangka sukses menggasak uang Rp 18.750.000 di dua ATM yang ada di Jalan A Yani. Sukses di dua ATM, duet suami-istri ini mencoba lagi di BRI (Jalan Mayjen Yonosoewoyo).

Kerakusan Susilo membuat dia kembali meringkuk di jeruji besi Polrestabes Surabaya. Bahkan, kakinya juga ditembus timah panas oleh polisi karena mencoba melarikan diri berulang kali.(bid/ipg)

Teks Foto:
- Susilo Hadi Hermansyah (tengah) pelaku pembobol ATM Spazio yang melarikan diri dari Polsek Dukuh Pakis, berhasil ditangkap anggota Jatanras.
Foto : Bruriy/Dok. suarasurabaya.net


B E R I T A    T E R K A I T
  • Buron Pembobol ATM Gunakan Paku untuk Melepas Borgol
  • Pembobol ATM yang Melarikan Diri Dihadiahi Timah Panas
  • Buron Pembobol ATM, Berhasil Ditangkap
  • top